Inilah Bukti Cinta dan Janji Jokowi Untuk Papua - Harian Papua

Breaking

Minggu, 17 November 2019

Inilah Bukti Cinta dan Janji Jokowi Untuk Papua

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih daerah Papua Barat sebagai kunjungan perdananya setelah dilantik sebagai Presiden periode 2019-2024. Bersama Ibu Negara Iriana, Jokowi menumpangi helikopter kepresidenan Super Puma untuk mengunjungi Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat.
.
Jokowi mengungkap alasannya menjadikan Papua, sebagai daerah pertama yang dia kunjungi usai dilantik. Alasan ini diungkap Jokowi dalam sambutan saat meresmikan operasional Jembatan Youtefa atau Holtekamp, di Jayapura, Papua, pada Senin (28/10).


.
Bagi Jokowi, Peresmian Jembatan Youtefa menjadi tonggak sejarah di tanah Papua. Bukan hanya simbol yang menyatukan bangsa, namun simbol pentingnya sebuah kemajuan untuk membangun bumi cenderawasih.
.
"Tanah Papua harus maju seperti daerah lain di Indonesia. Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi, itu adalah hal yang selalu saya rasakan setiap ke Papua, kalau tak salah hitung saya sudah 13 kali hadir di Papua," kata Jokowi.
.
Presiden Jokowi mengaku sempat kaget dengan kondisi infrastruktur di Papua lima tahun lalu. Namun, kini perlahan-lahan infrastruktur di Papua mulai dibenahi selama lima tahun terakhir.
.
Jokowi sempat menceritakan wilayah Wamena dan Nduga yang terhalang dengan Pegunungan Tengah pada 5 tahun lalu belum ada jalan. Masyarakat di sana dahulu harus jalan kaki selama 4 hari 4 malam. Padahal jarak yang ditempuh sekitar 83 Km, tapi karena medan pegunungan yang berat, mobilitas orang dan barang sulit. Jokowi mengaku memang tak merasakan langsung harus jalan kaki, tapi naik helikopter sehingga lebih mudah.
.
"Kita coba bayangkan bagaimana saudara kita logistik kalau sakit pelayanan kesehatan. Itu negara kita," katanya.
.
Pemerintahannya sedang menyelesaikan pembangunan jalan Trans Papua, termasuk Jayapura - Wamena sepanjang 575 Km saat ini sudah tembus dan hanya menunggu diresmikan.
.
"Itu menjadi tugas kita bersama memajukan Tanah Papua. Itu mengapa di periode kedua, saya dan Pak Maruf Amin, kunjungan kerja pertama setelah saya dilantik adalah mengunjungi tanah Papua," tutur mantan wali kota Solo ini.
.
Ia menginginkan agar tidak ada daerah yang tertinggal di Indonesia.
.
"Agar Indonesia bagian barat, Indonesia bagian tengah, dan Indonesia bagian timur memilki sebuah kesamaan, jangan sampai terlalu tertinggal sekali," jelas Jokowi.
.
Terakhir, Jokowi membahas fokusnya untuk memprioritaskan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).
.
"Dan kemudian juga yang berkaitan dengan pembangunan SDM jadi prioritas untuk nanti 5 tahun ke depan," ucapnya.
.
Untuk itu, pentingnya pembangunan infrastruktur, maka akan jadi tetap fokus pemerintah untuk lima tahun ke depan, selain fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM).
.
Pada kesempatan tersebut Jokowi juga menjelaskan kepeduliannya terhadap Papua dengan menyatakan Papua adalah provinsi pertama yang dikunjunginya setelah dilantik menjadi Presiden.
.
"Saya hanya ingin menunjukkan, setelah pelantikan pada periode ini yang saya kunjungi pertama adalah Tanah Papua. Pesan yang ditangkap mestinya jelas. Pesannya apa? Jelas. Enggak usah saya jelaskan," kata Jokowi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar