Jembatan Youtefa Mencatat 2 Rekor MURI - Harian Papua

Breaking

Jumat, 15 November 2019

Jembatan Youtefa Mencatat 2 Rekor MURI

Jembatan Youtefa Mencatat 2 Rekor MURI

Jembatan Youtefa (sebelumnya bernama Jembatan Holtekamp) adalah jembatan di atas Teluk Youtefa, Provinsi Papua yang menghubungkan Holtekamp dengan Hamadi sepanjang 732 meter dengan lebar 21 meter. Jembatan ini merupakan jembatan tipe Pelengkung Baja yang dapat memperpendek jarak dan waktu tempuh dari Kota Jayapura ke Distrik Muara Tami dan ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw daerah perbatasan Indonesia – Papua Nugini. Sebelum jembatan ini dibangun, perjalanan dari kawasan pemerintahan menuju Distrik Muara Tami menempuh jarak sejauh 35 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Namun, bila melewati Jembatan Youtefa maka jaraknya menjadi sekitar 12 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.
.
Ini kali pertama, pembangunan jembatan dimana jembatan pelengkungnya dibuat utuh di tempat lain kemudian dibawa ke lokasi. Dari Surabaya bentang jembatan seberat 2000 ton dan panjang 112,5 m ini dikirim menggunakan kapal laut dengan menempuh perjalanan sejauh 3.200 kilometer dalam waktu 19 hari. Pemasangan bentang pertama dilakukan pada 21 Februari 2018 sedangkan bentang kedua dipasang pada 15 Maret 2018 dengan waktu pemasangan kurang lebih 6 jam.
.
Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan 2 rekor pada proyek pembangunan Jembatan Youtefa yakni rekor pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh, dan rekor pemasangan jembatan rangka baja utuh terpanjang.
.
Ini hanya segelintir potret Papua yang sudah menjelma jadi semakin berkembang. Bedanya, di sana alamnya banyak yang masih perawan, sementara di pulau lain telah terjamah pembangunan. Meski banyak isu tentang biaya hidup dan keterbatasan, lambat laun akan banyak orang yang berminat untuk tinggal di Papua.
.
Pembangunan infrastruktur di era Jokowi terbukti memperlancar distribusi barang yang meningkatkan ekonomi lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar