Kini Puncak Jaya & Paniai Makin Terang! - Harian Papua

Breaking

Senin, 18 November 2019

Kini Puncak Jaya & Paniai Makin Terang!

Kini Puncak Jaya & Paniai Makin Terang!

Kepedulian Pemerintah terhadap masyarakat Papua semakin terasa. Berkat bantuan Pemerintah, kini masyarakat Kabupaten Puncak Jaya dan Paniai di Provinsi Papua dapat merasakan terang di waktu malam.
.
Pemerintah membagi kebahagiaan dengan menghadirkan lebih dari 47.416 Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE). Secara rinci, telah dibagikan 42.111 unit LTSHE untuk Puncak Jaya dan 5.305 unit untuk Paniai, yang anggarannya berasal dari APBN Kementerian ESDM tahun 2018.
.
"Rata-rata warga kami bermukim di lembah-lembah dan lereng- lereng yang sangat terjal dengan curah hujan sangat tinggi dan cuaca tak menentu, penerangan juga sulit. Dahulu penerangan di dalam rumah hanya menggunakan lilin atau lampu pelita, rumah-rumah dan honai-honai gelap gulita," ungkap Wakil Bupati Puncak Jaya, Deinas Geley.
.
Kehadiran LTSHE menerangi honai di Puncak Jaya mendukung aktivitas warganya, terutama anak-anak yang kini bisa belajar di waktu malam. "Kini, di era teknologi dan komunikasi yang sangat baik ini masyarakat dapat beraktivitas dengan baik karena adanya LTSHE menerangi rumah-rumah dan honai-honai di Puncak Jaya, terutama anak-anak kini senang bisa belajar di malam hari begitu pun mamak yang akan memasak di malam hari sekarang tidak gelap," ujar Deinas yang tampak bahagia.
.
Saat ini Negara hadir dalam pembangunan masyarakat baik di kota-kota maupun di desa terpencil, membangun infrastruktur untuk kebutuhan masyarakat yang belum teraliri listrik dan penerangan. Pemerintah Indonesia lewat Kementerian ESDM sangat serius dalam memberikan akses energi bagi masyarakat Papua.
.
Pemerintah berupaya agar program program ini tepat sasaran agar dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan penerangan. Ini adalah hak bagi masyarakat diindonesia untuk bisa menikmati penerangan dan menggunakan listrik dengan baik.
.
Khusus di Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Paniai telah terpasang sebanyak 47.416 unit di 333 kampung. LTSHE yang diberikan pada program ini memiliki garansi 3 tahun sampai dengan tahun 2021 dan apabila terdapat kerusakan dapat membawa ke pusat layanan perbaikan (service centre). Keunggulan LTSHE: Mudah dipasang (plug n play), lampu menggunakan LED sehingga lebih terang, lampu bisa digunakan untuk senter, pengaturan cahaya lampu LED secara otomatis, dan daya tahan lama, serta bisa untuk charger HP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar