Percepat Elektrifikasi di Tanah Papua, PLN Manfaatkan Tenaga Surya - Harian Papua

Breaking

Kamis, 28 November 2019

Percepat Elektrifikasi di Tanah Papua, PLN Manfaatkan Tenaga Surya

Percepat Elektrifikasi di Tanah Papua, PLN Manfaatkan Tenaga Surya

PLN meningkatkan pemerataan kelistrikan (rasio elektrifikasi) di Papua dan Papua Barat. Caranya dengan memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT), khususnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang tersebar di 151 lokasi.
.
Direktur Regional Maluku dan Papua, Ahmad Rofik mengatakan, pembangunan PLTS ditandai dengan kontrak antara PLN dengan KOS Sky - Tritama, dan Konsorsium Telkominfra - Pracom - Canadian Solar. Kontrak ini menunjukkan keseriusan PLN dalam meningkatkan rasio elektrifikasi Papua.
.
“Konsentrasi kami adalah bagaimana agar masyarakat di pedalaman Papua bisa segera menikmakti listrik dengan cepat," kata Rofik, di Jakarta Selasa (26/11/2019). "Mengingat kondisi geografis Papua yang cukup ekstrim sehingga dibutuhkan ketepatan dalam pemilihan jenis pembangkit, untuk itu kami memilih PLTS yang dibangun secara komunal sesuai dengan kebutuhan zonasi masing-masing," ungkap Rofik.
.
Penandatanganan kontrak antara PLN dengan beberapa perusahaan tersebut menggunakan kontrak Kesepakatan Harga Satuan (KHS), dimana pengadaan dan pemasangan PLTS tersebar di 151 lokasi. Range kapasitas PLTS sebesar 10 Kilo Watt Peak (KWP) – 150 KWP yang tersebar menjadi beberapa zonasi yakni Zona Timika, Zona Merauke, Zona Sorong dan Zona Jayapura.
.
Direktur Utama Telkominfra Bob Apriawan mengungkapkan, PLN cukup serius dalam mengembangkan EBT, pihaknya yakin dengan arah energi yang bersih maka kami juga berusaha mengembangkan kemampuan di area EBT.
.
“Ini adalah salah satu wujud sumbangsih kami bersama PLN untuk warga Papua agar bisa menikmati listrik dengan cepat," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar