Simak 5 Potret Kemajuan Papua! - Harian Papua

Breaking

Minggu, 10 November 2019

Simak 5 Potret Kemajuan Papua!

Papua, pulau terkaya dan terbesar ini memang sering mendapat stereotip terbelakang dari negerinya sendiri. Mengidentikkan papua dengan keterbelakangan mereka mungkin berdasarkan ketidaktahuan kita dan citra yang digambarkan media selama ini tentang mereka.
Namun, tahukah kalau di Papua, kehidupannya sudah lama jauh lebih maju dan menakjubkan dari yang kita bayangkan?  5 fakta ini akan membuatmu berpikir ulang tentang papua.

1.Trans Papua membentang dari utara hingga selatan yang nan elok dipandang

Trans Papua

Sejak 2014, pemerintah Indonesia benar-benar ingin Papua berubah sehingga dipercepat ekonominya dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan jalan Trans Papua tembuspada 2019. Trans Papua memili total panjang 4.330 km dari Papua Barat hingga Papua.
Meski belum teraspal seluruhnya, terbukanya jalan di Papua terutama di daerah pegunungan akan membuka keterisolasian wilayah. Kemudian, menurunkan harga barang-barang dan mengurangi kesenjangan wilayah.

2. Mall Jayapura, Mall terbesar di Jayapura

Mall Jayapura

Siapa bilang di Jayapura tidak ada pusat perbelanjaan besar seperti Mall? Di Papua khususnya kota Jayapura juga merupakan pusat perekonomian yang besar dan telah banyak pusat perbelanjaan modern disana. Mall ini merupakan pusat perbelanjaan yang didalamnya banyak penyewa seperti Hypermart, J.CO, Matahari Departement Store dan Cinema XXI juga ada disini. Selain itu jika kita jalan-jalan di Jayapura tidak sulit kok cari kebutuhan era saat ini.

3. Liburan Tak usah panik karena Hotel Internasional telah banyak di Papua


Hotel di Jayapura

Nama-nama hotel seperti Swis-Bell, Aston dan Horison mungkin sering kalian dengar bagi penikmat travelling. Ya, jangan kira berkelana di sana hanya akan menemukan hutan atau tinggal di gubug-gubug murah. Karena nyatanya justru hotel-hotel dengan fasilitas terbaik tersebut juga sudah ada di Papua. Hal ini bahkan membuat Papua menjadi salah satu tujuan wisata paling mahal karena pembangunan dan eksotisme daerahnya membaur dengan baik.

4. Ob Anggen School, Sekolah bertaraf Internasional di Papua

Ob Anggen School, sekolah bertaraf Internasional di Papua

Ob Anggen School adalah model institusi pendidikan modern dan bertaraf internasional di pedalaman Papua. Ob Anggen School berdiri sejak 2007 yang awalnya diperuntukkan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), disini pengajarnya langsung dari Amerika dan bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris. Kini Ob Anggen School juga memiliki TK dan SD. Jadi jika ngomongin pendidikan di Papua, sebenarnya di Papua gak tertinggal banget kok. Malah sudah lebih terfasilitasi setara sekolah mahal.

5. Jembatan Youtefa Mencatat 2 Rekor MURI

Jembatan Youtefa Mencatat 2 Rekor MURI

Jembatan Youtefa (sebelumnya bernama Jembatan Holtekamp) adalah jembatan di atas Teluk Youtefa, Provinsi Papua yang menghubungkan Holtekamp dengan Hamadi sepanjang 732 meter dengan lebar 21 meter. Jembatan ini merupakan jembatan tipe Pelengkung Baja yang dapat memperpendek jarak dan waktu tempuh dari Kota Jayapura ke Distrik Muara Tami dan ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw daerah perbatasan Indonesia – Papua Nugini. Sebelum jembatan ini dibangun, perjalanan dari kawasan pemerintahan menuju Distrik Muara Tami menempuh jarak sejauh 35 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Namun, bila melewati Jembatan Youtefa maka jaraknya menjadi sekitar 12 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Ini kali pertama, pembangunan jembatan dimana jembatan pelengkungnya dibuat utuh di tempat lain kemudian dibawa ke lokasi. Dari Surabaya bentang jembatan seberat 2000 ton dan panjang 112,5 m ini dikirim menggunakan kapal laut dengan menempuh perjalanan sejauh 3.200 kilometer dalam waktu 19 hari. Pemasangan bentang pertama dilakukan pada 21 Februari 2018 sedangkan bentang kedua dipasang pada 15 Maret 2018 dengan waktu pemasangan kurang lebih 6 jam. 

Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan 2 rekor pada proyek pembangunan Jembatan Youtefa yakni rekor pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh, dan rekor pemasangan jembatan rangka baja utuh terpanjang.

Ini hanya segelintir potret Papua yang sudah menjelma jadi semakin berkembang. Bedanya, di sana alamnya banyak yang masih perawan, sementara di pulau lain telah terjamah pembangunan. Meski banyak isu tentang biaya hidup dan keterbatasan, lambat laun akan banyak orang yang berminat untuk tinggal di Papua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar