“Tong Pi Ajar”, Relawan Mengajar dari POLRI - Harian Papua

Breaking

Sabtu, 16 November 2019

“Tong Pi Ajar”, Relawan Mengajar dari POLRI

ong pi mengajar berasal dari kegiatan kepolisian Polisi Pi Ajar yang merupakan salah satu pendekatan kepolisian pada anak - anak, memberikan literasi pada anak - anak pada daerah yang jauh. Keberadaan polisi di Papua melalui polres, polsek dan pos dan belum tentu ada lembaga sekolah.
.
Untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa perlu ada keterlibatan semua pihak hingga akhirnya kami mencoba melibatkan steakholder dengan kepolisian. Kegiatan pertama ada di Kokonao dengan berbagai kegiatan.



Sebagai bentuk untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara, Tim ‘Tong Pi Mengajar’ yang terdiri dari Polres Mimika, Binmas Noken Polri dan Komunitas, menyambangi kota tua Kokonao yang merupakan sasaran kegiatan.
.
Mengarungi derasnya arus sungai di Mimika Barat selama dua jam, tak mengurungkan niat Komunitas Tong (Kita) Pi (pergi) Mengajar untuk bertemu pelajar di Kokonao.
.
Kegiatan yang dilangsungkan di SMP Kokonao, diikuti ratusan peserta yang terdiri dari siswa SD, SMP dan SMA dengan mendapatkan materi tentang keselamatan berkendara dari satuan lalu lintas, layanan kesehatan dengan menjaga kesehatan pribadi dan bermain dari para sukarelawan komunitas “Tong Pi Mengajar.’
.
Kegiatan Tong Pi Mengajar memiliki banyak suka duka   walaupun dalam perjalanan pulang pergi dari Kokonao ke Timika cukup melelahkan namun itu mampu dilalui dan yang paling utama dari kegiatan tersebut tercipta rasa kebersamaan dan kedekatan dengan anak-anak di Kokonao.
.
“Walaupun hanya sebentar namun kami dengan anak-anak di Kokonao begitu berbaur. Selain beberapa game, kami juga pada malam harinya memutarkan film berjudul di Timur Matahari dan cukup mendapat respon dari warga maupun anak-anak disana,”ungkapnya.
.
Ia berharap kegiatan serupa dapat terlaksana di beberapa kampung yang ada di pesisir dan tujuan program Tong Pi Mengajar agar terus memberikan motivasi dan dorongan agar anak-anak di pesisir mampu menggapai cita-citanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar