Bantuan Untuk Ratusan Nelayan Papua - Harian Papua

Breaking

Minggu, 08 Desember 2019

Bantuan Untuk Ratusan Nelayan Papua

Bantuan Untuk Ratusan Nelayan Papua

Pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Papua Barat terus berupaya membantu masyarakat. Salah satunya kelompok nelayan. Ini tampak dalam kegiatan Pemberian Stimulan Bagi Kelompok Masyarakat Pesisir Papua di Kampung yang digelar di Tampagaram, Kota Sorong, Jumat (06/12/2019).
.
Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan memberikan bantuan hibah berupa sarana dan prasarana kepada ratusan nelayan di beberapa kabupaten di Provinsi Papua. Bantuan yang bersumber dana dari DPA Dinas BPMK tahun anggaran 2019 diberikan di Sorong, Jumat, 6 Desember 2019.
.
“Diharapkan bantuan ini dapat merangsang pertumbuhan ekonomi di wilayah pesisir, terutama keberadaan kelompok masyarakat sesungguhnya merupakan wujud nyata dari berbagai usaha ekonomi di kawasan pesisir maupun di distrik yang tumbuh dan berkembang atas prakarsa masyarakat itu sendiri, serta pemerintah setempat,” tutur Dominggus.
.
Pembentukan kelompok usaha masyarakat dimaksud, untuk memdorong seluruh kegiatan peningkatan pendapatan masyarakat, baik yang berkembang menurut adat istiadat atau budaya setempat dengan memperhatikan kearifan lokal daerah, maupun kegiatan perekonomian yang diserahkan untuk dikelola oleh masyarakat.
.
“Melalui program pemerintah pusat dan pemerintah daerah, maka diperlukan fasilitas dari pemerintah daerah provinsi dan kabupate kota guna memberikan rangsangan kepada masyarakat dalam membentuk kelompok usaha dan harus memperhatikan potensi usaha, dengan dukungan modal dan kapasitas sosial, ekonomi serta dperlukan keterlibatan secara aktif dari semua pihak,” jelasnya.
.
Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Provinsi Papua Barat Lince Idorway menuturkan, sumber dana yang digunakan dari DPA dinas BPMK tahun anggaran 2019 yang digunakan untuk bantuan hibah berupa perahu fiber dan motor tempel kepada beberapa kabupaten di Provinsi Papua Barat.
.
“Adapun yang menerima bantuan tersebut dari Kabupaten Kaimana 19 unit sudah diserahkan, Kabupaten Tambrauw 19 unit, Kabupaten Sorong 20 unit, Raja Ampat 20 unit, Kota Sorong 18 unit, Kabupaten Manokwari 21 unit dan Kabupaten Manokwari Selatan 20 unit,” ungkap Lince.
.
Maksud dan tujuan diberikan hibah ini untuk memberikan rangsangan bagi kelompok masyarakat nelayan tradisonal asli di papua yang berada di kampung agar mau dan mampu mengembangkan diri ke arah yang lebih baik, dan dapat berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar