Deklarasi Kelompok Mahasiswa Papua di AS - Harian Papua

Breaking

Senin, 23 Desember 2019

Deklarasi Kelompok Mahasiswa Papua di AS

Deklarasi Kelompok Mahasiswa Papua di AS

Sekitar 200 mahasiswa Indonesia asal Provinsi Papua dan Papua Barat yang sedang menuntut ilmu di Amerika, luar Amerika (Filipina, Inggris dan Kanada), dan Indonesia mengikuti konferensi internasional di Amerika Serikat.  Konferensi bertajuk "Golden Generation of Papua: Shine On" ini merupakan gagasan Forum of Papuan Youth and Scholar dan Ikatan Mahasiswa Papua di Amerika Serikat (IMAPA).
.
Di penghujung Konferensi, para pemuda bersama-sama mencetuskan "Deklarasi Generasi Emas Papua Los Angeles" atau Deklarasi Los Angeles yang menekankan, sebagai berikut:
.
1. Berkomitmen untuk bersatu dan bersinergi dalam mewujudkan forum internasional pemuda, pelajar dan cendekiawan Tanah Papua untuk memajukan Sumber Daya Manusia Papua yang handal dalam menghadapi tantangan global serta untuk membangun Tanah Papua di segala bidang menuju Indonesia sebagai kekuatan Ekonomi Dunia ke-4 pada tahun 2045.
.
2. Mendorong gerakan inovasi dan kreativitas, mendorong partisipasi aktif pemerintah dan swasta dalam mendukung pemuda-pemudi Tanah Papua sehingga dapat berkontribusi nyata bagi pembangunan Tanah Papua, Indonesia, dan dunia secara berkelanjutan.
.
3. Berkomitment mendorong minat dan kemampuan kewirausahaan (Entrepreneurship Skills) pemuda Papua, untuk menjadi solusi bagi peningkatan kesejahteraan ekonomi serta kemampuan soft skills dan hard skills guna bersaing dan berdaya guna di era Revolusi Industri 4.0.
.
4. Menyerukan kepada seluruh pemudapemudi Tanah Papua untuk tidak takut bermimpi besar dan menyampaikan ide, gagasan secara terbuka dan bekerja keras untuk merealisasikannya untuk kepentingan bangsa dan negara.
.

Konferensi tersebut membahas ide dan gagasan serta peran pemuda Papua dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi bagi Percepatan Pembangunan Kawasan Indonesia Timur sebagaimana prioritas Pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo.
.
Pada 21 Desember 2019, Konferensi akan dilanjutkan dengan kegiatan Musyawarah Organisasi Mahasiswa (MUSORMA) IMAPA. Agenda MUSORMA IMAPA adalah membentuk secara formal organisasi kemahasiswaan Papua dan pemilihan kepengurusan baru tahun 2019-2021.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar