Kapuspen TNI : OPM Bunuh 13 Anggota TNI Adalah HOAX - Harian Papua

Breaking

Senin, 23 Desember 2019

Kapuspen TNI : OPM Bunuh 13 Anggota TNI Adalah HOAX

Kapuspen TNI : OPM Bunuh 13 Anggota TNI Adalah HOAX

Menanggapi pernyataan tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM) Gusby Waker yang mengklaim pihaknya berhasil membunuh 13 prajurit TNI dalam kontak tembak selama 12 jam di Utigapa, Kapuspen TNI Mayjend TNI Sisriadi mengatakan, itu semua adalah tidak benar, itu adalah propaganda buatan OPM.

Beliau mengatakan bahwa, institusi TNI tak mungkin menutup-nutupi informasi yang masuk, karena TNI bukan organisasi liar seperti KKB. TNI adalah organisasi besar yang dikelola dengan sistem manajemen modern yang terpadu. Pernyataan tersebut tak benar dan dianggap propaganda Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Data individu personel TNI dicatat secara tertib. Perubahan data dilakukan secara periodik, sehingga pimpinan TNI dapat mengetahui kondisi setiap prajurit yang termutakhir (up to date)," kata Sisriadi, Minggu 22 Desember 2019.

Dalam kesempatan itu, Sisriadi juga menjelaskan, setiap pimpinan TNI di semua tingkatan tak mungkin menyembunyikan data prajuritnya yang meninggal dunia. Hal ini baik di asrama, di rumah sakit, apalagi prajurit yang gugur di medan tugas pertempuran. Berbeda dengan KKB di Papua yang sangat mungkin menyembunyikan data.

"Kalau KKB, sangat mungkin menyembunyikan data tentang anggota mereka. Sebagaimana kita ketahui bersama, mereka adalah organisasi liar yang tidak punya data keanggotaan, asal-usul dan keluarganya tidak jelas," ujarnya.

Ia justru berpendapat bahwa OPM yang telah melakukan itu. OPM bisa saja menyembunyikan identitas anggota yang tewas dalam kontak dengan Satgas Penegakan Hukum. Namun, manuver KKB selalu menuduh Satgas Penegakan Hukum membantai rakyat jika ada anggota mereka yang terbunuh dalam kontak senjata. Opini itulah yang selalu mereka ulang-ulang.

"Dapat dipastikan, bahwa pernyataan Gusby Waker tentang korban TNI oleh KKB adalah berita bohong dan merupakan bentuk propaganda. Kalau ada media yang mempublikasikan kebohongan itu tanpa konfirmasi ke institusi TNI, profesionalitas jurnalistiknya patut dipertanyakan," ujarnya

Fakta yang sebenarnya adalah puluhan anggota OPM yang tewas dalam kontak tembak dengan Satgas Penegakan Hukum tidak bisa terlaporkan karena tidak bisa diidentifikasi, dan dipastikan tidak terdaftar keanggotaannya dalam organisasi yang tidak jelas seperti OPM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar