Papua Bangkit Stadion Termegah di Indonesia Timur - Harian Papua

Breaking

Jumat, 06 Desember 2019

Papua Bangkit Stadion Termegah di Indonesia Timur

Papua Bangkit Stadion Termegah di Indonesia Timur

Pembangunan venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 terus dikebut. Ada 30 venue yang digunakan untuk menggelar 37 cabang olahraga dan 679 nomor pertandingan. Kini pembangunan Stadion Papua Bangkit sudah selesai tinggal melakukan finishing. Stadion ini kini siap dipakai untuk perhelatan PON ke 20 (pekan olah raga nasional XX).
.
Stadion terbesar di Papua ini adalah stadion yang bisa dikatakan Termegah di bagian Indonesia Timur. Stadion dengan kapasitas 40.000 orang menggunakan single seat dengan corak yang mirip dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno.
.
Tak hanya itu PSSI berencana mengajukan beberapa stadion untuk jadi venue kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023. Salah satu stadion tersebut adalah Stadion Papua Bangkit, Papua. "Kami akan daftarkan semua, salah satunya Papua Bangkit juga akan kami daftarkan," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, di Jakarta, Rabu (26/6/2019).
.
Semuanya dibuat dengan standar internasional. Lapangan, rumput, lampu, hingga lintasan atletik semuanya standar internasional. Stadion ini juga menyiapkan akses untuk kaum difabel.
.
Stadion Papua Bangkit mempunyai lampu LED lebih bagus dari SUGBK. Dimana nantinya saat menyorot pemain tidak akan lagi terlihat bayangan mereka. Selain itu, juga mempunyai timing system (papan skor) yang punya kelas Olimpiade. Berbeda dengan SUGBK yang masih berada di level Asian Games.
.
Minggu lalu Mendagri Tito Karnavian, Minggu, meninjau stadion Papua Bangkit yang berlokasi di kampung Harapan, Kabupaten Jayapura. Progress pembangunan 11 venue yang menggunakan APBD saat ini sudah mencapai 70 persen kecuali pengerjaan lapangan tenis yang perlokasi di kantor Walikota Jayapura di Entrop.
.
Mendagri Tito Karnavian di sela kunjungannya mengaku untuk persiapan pelaksanaan 13 cabor PON 2020 yang akan digelar di Timika diperkirakan tidak ada masalah. “Khusus untuk Kabupaten dan Kota Jayapura harus terus dipantau pengerjaannya dan kesiapannya sehingga dapat selesai sesuai target,” kata Mendagri Tito Karnavian.
.
Untuk pembangunan Istora Papua Bangkit yang juga telah dimulai November 2018, bertindak selaku kontraktor PT PP (Persero) dengan nilai pekerjaan Rp 257,5 miliar dan konsultan manajemen PT. Virama Karya sebesar Rp 4,8 miliar.
.
Ditargetkan selesai Juni tahun 2020, ISTORA Papua Bangkit dilengkapi dengan area plaza kawasan termasuk kawasan parkir kendaraan di dalam dan luar area Istora. Kemudian fasilitas lainnya seperti lapangan latihan/pemanasan, zona aman stadion, dan area parkir.
.
Arena Aquatic dan Istora berada di kawasan Olahraga Kampung Harapan seluas 32 Ha. Di kompleks ini juga tengah dibangun Stadion Utama Papua Bangkit yang dilengkapi papan skor, peralatan sistem waktu, dan lampu LED standar FIFA, dengan kekuatan 1.800 Lux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar