Pengembangan Inovasi Ekonomi dan Keuangan Digital di Papua - Harian Papua

Breaking

Kamis, 26 Desember 2019

Pengembangan Inovasi Ekonomi dan Keuangan Digital di Papua

Pengembangan Inovasi Ekonomi dan Keuangan Digital di Papua

Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia sangat baik dan selalu meningkat, dan pemerintah menargetkan pada tahun 2020 Indonesia menjadi pusat ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Hal ini didukung dengan adanya sistem digital yakni terkait penggunaan internet, apalagi dengan adanya proyek Palapa Ring yang telah diresmikan Presiden jokowi pada tahun 2019 ini.
.
Potensi yang ada di papua sangat besar, terutama memiliki keberagaman budaya yang diterapkan dari apa yang mereka hasilkan, termasuk diantaranya produk-produk lokal. Masyarakat setempat atau pengrajin lokal masih memasarkan produknya secara konvensional sehingga pasarnya masih sulit, adapun yang memasarkannya secara online, itu rata-rata masih dari orang pendatang atau orang luar yang mengambil potensi tersebut.
.
Untuk itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua mendorong adanya pengembangan inovasi dalam ekonomi dan keuangan digital di wilayah Bumi Cenderawasih. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga di Jayapura, Jumat, mengatakan pesatnya arus digitalisasi memberikan peluang untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan inklusif.
.
"Inovasi digital mampu memperkuat keterhubungan antar agen ekonomi, dari yang terkecil hingga terbesar, dari konsumen individual, UMKM hingga korporasi besar," katanya. Menurut Naek, investasi dalam negeri merupakan salah satu motor penggerak perekonomian. Untuk investasi luar negeri pihaknya bekerjasama dengan beberapa kantor bank yang ada di luar negeri.
.
"Hal ini bertujuan untuk mendatangkan investor-investor guna melihat bagaimana Papua dan barang-barang yang ada ini bisa diikutkan ke pameran-pameran dagang seperti kerajinan-kerajinan, dengan begitu tidak terlalu tergantung dengan pertambangan," ujarnya.
.
Dia menambahkan dengan adanya sumber-sumber ekonomi baru, diharapkan menciptakan nilai tambah seperti sektor pariwisata, di mana mau tidak mau tren pertambangan akan semakin berkurang dan ini yang menjadi motor penggerak sehingga bisa terjadi pertumbuhan untuk mengejar ketertinggalan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar