Perencanaan Pembangunan Nasional Bidik Cara Baru Untuk Mempercepat Dan Meningkatkan Kualitas Pembangunan - Harian Papua

Breaking

Selasa, 31 Desember 2019

Perencanaan Pembangunan Nasional Bidik Cara Baru Untuk Mempercepat Dan Meningkatkan Kualitas Pembangunan

Perencanaan Pembangunan Nasional Bidik Cara Baru Untuk Mempercepat Dan Meningkatkan Kualitas Pembangunan 

Agar kedua provinsi Papua dan Papua Barat sejajar dengan provinsi lain di Tanah Air, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) membidik cara dan model baru untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas pembangunan di provinsi tersebut.

“Bappenas berupaya merumuskan pendekatan pembangunan Papua yang menghargai budaya dan kearifan lokal,” kata Himawan Hariyoga (Sekretaris Menteri PPN/Sekretaris Utama Bappenas),

Pemerintah mengedepankan kerangka otonomi khusus sebagai instrumen kebijakan percepatan, afirmasi, perlindungan dan pemberdayaan masyarakat Papua.
Berbagai langkah, lanjut dia, sudah ditempuh untuk pembangunan di Bumi Cendrawasih itu di antaranya mengadopsi pendekatan perencanaan pembangunan Papua berbasis wilayah adat dan kawasan potensial.

“Kami sadari pendekatan kutural atau sosial budaya menjadi dimensi penting dalam merancang pembangunan sektoral dan kewilayahan,” imbuhnya.

Pemerintah berkomitmen melakukan percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat antara lain melalui Inpres Nomor 9 tahun 2017.
Percepatan, kata dia, dilakukan secara tematik, holistik, integratif dan spasial atau THIS.

“Infrastruktur merupakan tulang punggung menggerakkan ekonomi wilayah sekaligus meningkatkan jangkauan pelayanan dasar ke seluruh daerah di Papua,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar