Danau Sentani Terbuka Untuk Investasi Pihak Swasta - Harian Papua

Breaking

Rabu, 15 Januari 2020

Danau Sentani Terbuka Untuk Investasi Pihak Swasta

Danau Sentani Terbuka Untuk Investasi Pihak Swasta

Bupati Mathius Awoitauw memboyong sejumlah pejabat dan pengusaha serta bankir berakhir pekan dengan menikmati panorama Danau Sentani, Sabtu (11/1/2020). Mereka mengitari danau dengan menggunakan KM Foimoi, kapal wisata yang baru sekitar sebulan beroperasi.
.
Perjalanan dimulai dari dermaga Pantai Wisata Khalkote di Distrik Sentani Timur menuju wilayah tengah Distrik Sentani hingga Kampung Kwadewar di Distrik Waibhu. Perjalanan kemudian berbalik arah menuju Kampung Yokiwa di Distrik Sentani Timur.
.
Bupati Awoitauw menyatakan mereka sedang menawarkan paket wisata di Danau Sentani kepada kalangan dunia usaha. Menurutnya, paket-paket wisata itu sebaiknya dikelola pihak swasta. Itu sebabnya, mereka mengajak para pelaku usaha, termasuk perbankan dan perhotelan dalam perjalanan tersebut.
.
“Masih banyak insfrastruktur harus dibenahi di setiap dermaga. Ada waktu sepekan ke depan untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah guna merancang paket-paket wisata bersama pihak swasta,” kata Awoitauw, seusai mengelilingi Danau Sentani.
.
Dia melanjutkan KM Foimoi menjadi sarana andalan untuk menunjang paket wisata berkeliling Danau Sentani. Karena itu, sistem pelayanan, termasuk petugas, jadwal pelayanan, dan pengemasan agenda wisatanya harus baik serta menarik.
.
“Di setiap tempat yang disinggahi, sudah harus ada acara yang terjadwal. Perjalanan (mengelilingi Danau Sentani) terasa kosong (tidak berkesan) tanpa hal yang menarik (untuk dinikmati),” jelas Awoitauw.
.
Pemandu wisata Kori Ohee berharap Pemerintah Kabupaten Jayapura mengoptimalkan potensi lokal dalam menggarap paket wisata Danau Sentani. “Petugas hingga konsumsi di dalam kapal (selama perjalanan) harus mengunakan potensi lokal. Makanannya berbasis (berbahan baku) sagu.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar