PLN Timika Benahi Jaringan Hadapi PON XX Papua - Harian Papua

Breaking

Senin, 27 Januari 2020

PLN Timika Benahi Jaringan Hadapi PON XX Papua

PLN Timika Benahi Jaringan Hadapi PON XX Papua

Manajemen PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Timika, Papua kini mulai melakukan pembenahan jaringan listrik guna menunjang kehandalan pasokan listrik selama penyelenggaraan PON XX Papua pada Oktober-November mendatang.
.
Staf Bagian Perencanaan PLN UP3 Timika, Muslim, Minggu, mengatakan semua jaringan akan dibenahi,  baik jaringan lama maupun pembangunan jaringan baru. "Untuk jaringan lama kami harus perbaharui penampangnya dari 70 mili ke 150 mili. Kami juga akan membangun jaringan yang baru agar lebih handal," kata Muslim.
.
Proses perbaikan jaringan listrik di Kota Timika itu, katanya, dilakukan mulai Januari hingga Agustus. "Target kami bulan Juli sampai Agustus semuanya sudah rampung”, katanya. Selama proses perbaikan berlangsung, pasti akan terjadi pemadaman bergilir karena pemeliharaan terencana.
.
Kami akan meminimalisasi daerah yang padam itu supaya tidak meluas. Sekarang kami sudah memiliki beberapa titik manuver jaringan sehingga area pemadaman bisa kita minimalisasi," jelasnya.
.
Manajer PLN UP3 Timika Hotman Ambarita mengatakan jajarannya telah menandatangani kontrak dengan sejumlah vendor untuk pemasangan jaringan listrik ke sejumlah venue PON Papua di Timika.
.
“Dalam beberapa hari ke depan mereka sudah mulai mengerjakan itu baik pembangunan jaringan maupun menggantikan kabel eksisting yang lama karena masih ada yang 30 mili, ada yang 70 mili, semuanya kita naikan ke 150 mili," jelas Ambarita.
.
Sehubungan dengan itu, jajaran PLN Timika akan melakukan koordinasi dengan Sub PB PON Papua di Timika, sebab semua pekerjaan perbaikan jaringan listrik tersebut membutuhkan biaya. Ambarita mengatakan untuk mendukung ketersediaan daya listrik pada seluruh venue PON Papua di Timika, PLN menyiapkan daya sekitar 2-2,5 megawatt.
.
Jaringan listrik ke semua venue itu nantinya bersumber dari dua penyulang untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi gangguan listrik saat penyelenggaraan PON Papua, Oktober-November mendatang.
.
Selain itu, pada setiap arena pertandingan itu juga dilengkapi dengan listrik cadangan dengan menyiapkan genset. "Kami berusaha menyiapkan semuanya secara maksimal mengingat PON merupakan agenda nasional. PLN Timika tentu akan berupaya keras untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan PON Papua," kata Ambarita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar