Keberadaan KKB Telah Dipetakan Oleh Polda Papua - Harian Papua

Breaking

Rabu, 19 Februari 2020

Keberadaan KKB Telah Dipetakan Oleh Polda Papua

Keberadaan KKB Telah Dipetakan Oleh Polda Papua

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengaku telah memantau pergerakan kelompok kriminal bersenjata KKB di Papua. KKB pimpinan Egianus Kogoya sedang bergerak ke wilayah Tembagapura, Kabupaten Mimika. Sedangkan, kelompok Lekagak Telenggen juga bergeser.

"Informasi tentang pergerakan mereka sudah kami tahu, semuanya, Lekagak Telenggen dan kawan-kawan dari Puncak bergeser ke Intan Jaya, itu sudah jelas, termasuk kelompok Egianus," ungkap dia.

Kapolda kemudian memetakan sejumlah kawasan zona merah rawan gangguan KKB. Beberapa wilayah yang dikategorikan masuk dalam zona merah antara lain Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Nduga, Kabupaten Puncak dan beberapa daerah yang tak disebutkannya.

Ia melihat masalah kepemimpinan berpengaruh besar pada kondusif tidaknya suatu wilayah. Paulus meminta kepala daerah, utamanya di wilayah rawan proaktif mendekati masyarakat. Para pemimpin di daerah zona merah harus mencontoh apa yang dilakukan oleh daerah yang berhasil mengubah kondisi mereka.

"Contoh daerah yang dulunya merah lalu menjadi hijau. Kata kuncinya cuma satu, keberadaan pemimpin di situ. Ada masalah di suatu wilayah, mbok ya pemimpinnya ada, jangan lari, jangan lempar abu panas," kata Paulus.

Mengingat, kondisi kesejahteraan masyarakat di beberapa kabupaten di Papua masih memprihatinkan. Ia meminta kepala daerah menyadari kondisi dan melakukan hal konkret untuk wilayahnya. terlebih jika masuk dalam zona merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar