Mahfud MD: Instruksi Presiden Tentang Pembangunan Kesejahteraan Papua - Harian Papua

Breaking

Rabu, 26 Februari 2020

Mahfud MD: Instruksi Presiden Tentang Pembangunan Kesejahteraan Papua

Instruksi Presiden Tentang Pembangunan Kesejahteraan Papua

Pemerintah sedang menyiapkan instruksi presiden (inpres) tentang Papua. Rancangan inpres tersebut terkait pembangunan dan peningkatan kesejahteraan Papua. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukukm dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menuturkan, Inpres Pembangunan Papua akan lebih lengkap alias komprehensif.

"Selama ini ada tim, tim milik Bappenas khusus pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial, ada di sini tim hankam," katanya di Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Rancangan inpres tersebut merupakan pembaruan dari inpres sebelumnya, yakni Inpres Nomor 9/2017 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat yang sudah habis masa berlakunya.

Mahfud mengatakan, permasalahan di Papua nantinya akan dikelola secara terpadu dan komprehensif di bawah kendali satu otoritas tim yang dikomandoi Ketua Bappenas. Selama ini, menurut dia, penanganan Papua sudah serius dan terpadu namun unit organisasi terpisah.

"Agar menjadi terpadu dan komprehensif itu disambung menjadi satu kesatuan komando. Tidak terkesan bahwa ini pendekatan keamanan, pendekatan militer, semua di bawah kendali satu otoritas tim yang dikomandoi oleh ketua Bappenas. Itu rancangan inpresnya," tuturnya.

Mahfud menyebutkan anggaran pembangunan di Papua selama ini luar biasa besar. Namun, setiap sektor terkesan berjalan sendiri-sendirinya, sehingga tidak terpadu, dan sekarang akan lebih dipadukan.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud bertemu dengan Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani membahas Inpres Nomor 9/2017 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Yang dibahas soal inpres percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat yang berakhir pada 2019," kata Jaleswari, usai bertemu Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa.

Menurut dia, meski masa Inpres telah berakhir, namun Presiden Joko Widodo tetap menekankan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat. Karena salah satu fokus Presiden tentang Papua adalah soal membangun kesejahteraan Papua. Pemerintah mendorong pembangunan kesejahteraan Papua secara integrated, holistik, dan perspektif terhadap budaya serta mengedepankan orang asli Papua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar