Papua Selamanya Adalah Indonesia - Harian Papua

Breaking

Minggu, 02 Februari 2020

Papua Selamanya Adalah Indonesia

Papua Selamanya Adalah Indonesia

Gerakan separatis yang dilakukan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) merupakan suatu ironi, dimana anak bangsa sendiri dimanfaatkan oleh pihak-pihak asing sehingga mereka memperjuangkan agar Papua terlepas dari Indonesia. Mereka tidak menyadari bahwa bantuan yang diberikan oleh pihak-pihak asing bukanlah hal yang gratis.

Justru mereka ingin melakukan penjajahan kepada masyarakat Papua secara tidak langsung. Bahkan bentuk separatis OPM ini adalah bentuk taktik devide et impera. Persaudaraan bangsa Indonesia dipecah belah agar dapat dikuasai oleh pihak asing. Hal sama yang pernah dilakukan oleh Belanda kepada Indonesia pada masa penjajahan.

Sudah selayaknya anak bangsa yang ikut berperan di dalam OPM sadar bahwa mereka hanya dimanfaatkan oleh pihak-pihak asing. Mereka harus kembali mengingat bagaimana kemerdekaan Indonesia diraih bersama-sama.

Mengingat kembali bahwa Papua memang bagian utuh dari Indonesia. Bahkan rakyat Papua sendiri telah memilih sendiri untuk menjadi bagian dari Indonesia melalui Pepera tahun 1969. Perlu dicamkan juga bahwa sejak diraihnya kemerdekaan dari Belanda, sejak saat itu juga semua rakyat Papua apapun ras dan sukunya adalah bagian dari bangsa Indonesia.

OPM merupakan gerakan separatis yang mengancam kedaulatan dan keutuhan wilayah Republik Indonesia. Mereka melakukan cara-cara sangat ekstrim dalam memecah Provinsi Papua dan Papua Barat keluar dari Pemerintahan Indonesia. Cara-cara ekstrim seperti pemberontakan yang dilakukan oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB).

Pembentukan sayap militer ini jelas menjadi ancaman bagi keamanan negara. Keberadaan mereka menimbulkan konflik dengan militer Indonesia hingga terjadinya kontak senjata dan timbulnya korban jiwa. Bahkan mereka melakukan dialog diplomatik terhadap negara-negara serumpun (melanesia) untuk dapat pengakuan sebagai sebuah negara.

Mereka adalah orang-orang egois seperti perompak yang merusak dan membahayakan keselamatan orang lain untuk tujuan pribadi. Seharusnya jika memang mereka ingin mensejahterahkan Papua, mari bersama-sama bangun Papua bukan menciptakan kerusuhan yang justru merugikan perkembangan dan pertumbuhan perekonomian di wilayah Papua itu sendiri.

Gerakan OPM ini harus menjadi perhatian bagi seluruh masyarakat. Kita harus bisa menyadarkan anak bangsa yang terpengaruh oleh pihak-pihak asing tersebut agar dapat kembali berbakti pada negeri, ikut serta dalam pembangunan bangsa. Tak akan ada yang bisa memisahkan Papua dari Indonesia, karena Papua adalah bagian dari Indonesia yang tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun. Kedaulatan Indonesia adalah harga mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar