Pemerintah Gelontorkan Dana Infrastruktur ke Tanah Papua Rp9,3 Triliun - Harian Papua

Breaking

Rabu, 12 Februari 2020

Pemerintah Gelontorkan Dana Infrastruktur ke Tanah Papua Rp9,3 Triliun

Pemerintah Gelontorkan Dana Infrastruktur ke Tanah Papua Rp9,3 Triliun

Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), John Wempi Wetipo menuturkan, di tahun 2020, pemerintah melalui Kementerian PUPR menggelontorkan dana pembangunan infrastruktur ke Tanah Papua, baik ke Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat sebesar Rp9,3 triliun.
.
Menurut John, dari Rp9,3 triliun itu, Provinsi Papua mendapat Rp6,3 triliun, sedangkan Provinsi Papua Barat mendapat Rp3 triliun. “Total APBN yang diurus oleh Kementerian PUPR di tahun 2020 ini sebesar Rp120 triliun,” jelas John lewat rilisnya yang dikirim ke wartawan di Kota Jayapura, Papua, Senin (10/2).
.
Menurut John, untuk menindaklanjuti mengenai dana infrastruktur ini, maka pihaknya berkunjung ke Kota Manokwari, Provinsi Papua Barat, guna melihat lokasi rencana pembangunan infrastruktur jembatan penghubung antara Kota Manokwari dengan Pulau Mansinam.
.
“Kami ke sana (Kota Manokwari) untuk survei awal dulu sudah, kumpulkan data.  Kemudian nantinya kasih ke konsultan dan konsultan yang akan menghitung mulai pembiayaan sampai pada pekerjaan tuntas," jelas John.
.
John juga mengatakan, jembatan yang akan dibangun di Kota Manokwari yang nantinya akan menghubungkan dengan Pulau Mansinam ini, bisa menjadi icon terbaru di Provinsi Papua Barat.
.
“Jadi 5 Februari 2020 lalu saya sampaikan aspirasi tertulis mengenai jembatan ini. Hal itu sudah saya sampaikan ke gubernur dan disampaikan Felix Wanggai, serta Bapenas untuk Jembatan Merah Manokwari-Mansinam," kata John.
.
Untuk itu, John berharap, pada tahun 2021 nanti, pembangunan jembatan Manokwari-Mansinam ini sudah bisa dilakukan. Sehingga nantinya transportasi dari Kota Manokwari ke Pulau Mansinam yang selama ini hanya lewat jalur laut, bisa juga lewat darat dengan adanya jembatan itu.
.
"Jika saat ini tiap tahun masyarakat yang mau rayakan masuknya Injil 5 Februari di Tanah Papua di Pulau Mansinam hanya bisa lewat laut, saya harap suatu saat nanti masyarakat sudah bisa lewat darat dengan adanya jembatan ini. Saya yakin jembatan ini sama dengan Jembatan Youtefa di Kota Jayapura, Provinsi Papua,” jelas John.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar