Polda Papua: KKB Mulai Sebarkan Hoaks Lagi - Harian Papua

Breaking

Minggu, 08 Maret 2020

Polda Papua: KKB Mulai Sebarkan Hoaks Lagi

KKB Mulai Sebarkan Hoaks Lagi

Polda Papua menyebut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua mulai menyebar berita hoaks. Salah satunya berita yang menyebut KKB menewaskan 17 orang pasukan keamanan Indonesia dalam kontak tembak di Tembagapura.

"Tidak benar berita yang menyatakan adanya aparat keamanan baik anggota Polri maupun TNI yang meninggal dalam kontak tembak di Tembagapura," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal di Jayapura, Minggu (8/3/2020).

Kamal mengatakan, saat ini KKB mulai menyebarkan berita hoaks dengan menyatakan adanya aparat keamanan yang meninggal dalam kontak tembak di Tembagapura.

Pada Sabtu (7/3/2020) kemarin, Komandan Operasi Nasional Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Lekagak Talenggeng menyatakan telah menewaskan 17 orang pasukan keamanan Indonesia.

Lekagak Talenggeng, juga mengatakan ada ratusan warga Tembagapura mengungsi ke Timika akibat kontak tembak antara TNI-Polri dengan pasukan TPNPB.

"Pernyataan Lekagak Talenggeng itu tidak benar,” kata Kamal.

Kamal mengatakan, memang ada anggota Brimob yang meninggal yakni Bharatu Doni Priyanto. Tap itu terjadi saat kontak tembak dengan KKB di Kali Kabur, Arwanop, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika pada Jumat (28/2/2020).

Kamal membenarkan soal mengungsinya ratusan warga di empat kampung di Tembagapura. Namun menurut Kamal, itu dilakukan karena ketakutan warga yang meminta aparat keamanan memfasilitasi dan mengungsikan mereka ke Timika.

"Sekitar 900 orang sudah mengungsi ke Timika dan mereka diangkut menggunakan bus milik PT. Freeport," kata Kamal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar