Sekolah Harus Sediakan Masker dan Wastafel Guna Pencegahan Virus Corona - Harian Papua

Breaking

Kamis, 05 Maret 2020

Sekolah Harus Sediakan Masker dan Wastafel Guna Pencegahan Virus Corona

Sekolah Harus Sediakan Masker dan Wastafel Guna Pencegahan Virus Corona

Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua meminta setiap  sekolah yang ada di Kota Jayapura dan sekitarnya menyediakan masker dan wastafel yang dilengkapi sabun antiseptik. Hal itu untuk mencegah penularan virus Corona di sekolah.
.
Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait mengatakan sekolah wajib menjaga siswanya dari penyebaran wabah Corona. Menurutnya, cadangan masker bisa diberikan ketika ada siswa yang batuk.
.
“Ini semata-mata untuk mencegah. Walaupun kasus infeksi Corona belum ada di Papua, tetapi saya pikir virus ini menyebar cepat. Setiap hari pesawat dan kapal masuk ke Kota Jayapura. Kota ini harus kita siapkan lebih awal,” kata Sohilait di Jayapura, Rabu (4/3/2020).
.
Sohilait menyatakan pihaknya saat ini tengah menyiapkan rancangan imbauan untuk mengantisipasi secara dini penyebaran virus corona di lingkungan sekolah. 
.
“Imbauan itu termasuk agar semua siswa di Papua agar tidak melakukan kontak fisik [seperti bersalaman], dan selalu menjaga kebersihan selama di sekolah,” kata Sohilait.
.
Christian Sohilait menambahkan antisipasi wabah Corona sangat penting, sebab penanganan akan lebih sulit dilakukan jika virus itu sudah masuk di Papua. Jika infeksi Corona terjadi di Papua, dampaknya sangat berat bagi dunia pendidikan, sebab bisa saja satu sekolah diliburkan.
.
Secara terpisah, Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru sudah melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah apotek dan distributor obat-obatan di Kota Jayapura. Inspeksi mendadak itu dilakukan antara lain untuk mengecek ketersediaan masker di Jayapura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar