Pemerintah melalui Kemenkes Bantu Papua 10 Ribu APD dan Masker - Harian Papua

Breaking

Sabtu, 11 April 2020

Pemerintah melalui Kemenkes Bantu Papua 10 Ribu APD dan Masker

Pemerintah melalui Kemenkes Bantu Papua 10 Ribu APD dan Masker

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengirimkan alat pelindung diri (APD) dan masker ke Provinsi Papua. Bantuan tersebut tiba di Bandara Sentani Jayapura, Jumat, 10 April 2020,

Juru bicara Covid-19 Papua, dr. Silvanus Sumule mengatakan, bantuan diangkut menggunakan pesawat milik TNI AU.

Jadi, bantuan dari Kemenkes itu berupa 10 Ribu APD dan 5 ribu masker,” ujar Sumule kepada wartawan di Jayapura, 11 April 2020.

Sumule mengatakan, APD bantuan Kemenkes akan langsung didistribusikan Rumah Sakit pemerintah dan mitra serta kabupaten di wilayah Papua.

Selain itu, katanya, Pemprov Papua telah mendistribusikan 1.965 APD dan 1560 rapid test ke seluruh rumah sakit di Kota Jayapura.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Udara TNI AU Silas Papare di Sentani, Marsma TNI Tris Bowo Budi Santoso, mengatakan bantuan aat kesehatan untuk mendukung penanganan pandemi covid-19 di Papua berjumlah 3,4 ton.

Bantuan alat kesehatan bagi Satuan Tugas (Satgas) covid-19 Papua itu terdiri dari 10 ribu buah APD, 5 ribu masker.

“Bantuan alat kesehatan itu dikoordinasikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (tingkat) pusat. Mekanisme (pengirimannya) disampaikan kepada Panglima TNI, kemudian menyiapkan jadwal keberangkatan,” ujarnya.

Ia menyatakan sudah memberitahu pemerintah daerah di Papua bahwa TNI AU dapat membantu pengangkutan bantuan alat kesehatan dari luar Papua. Pemerintah daerah yang membutuhkan bantuan pengangkutan itu bisa memberitahu dan berkoordinasi dengan TNI AU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar