Jangan Ada Lagi Penolakan Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di Manokwari - Harian Papua

Breaking

Senin, 04 Mei 2020

Jangan Ada Lagi Penolakan Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di Manokwari

Jangan Ada Lagi Penolakan Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di Manokwari

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat mengimbau warga agar tidak menolak pemakaman jenazah pasien positif corona. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dipastikan menjalankan protokol kesehatan dalam penanganan jenazah sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Wakil Gubernur Papua Barat Mohammad Lakotani mengatakan, protokol kesehatan yang diterapkan berlaku secara nasional bahkan global. Protokol tersebut sudah mempertimbangkan keselamatan warga sekitar, termasuk tim medis yang menangani pasien baik yang terjangkit maupun yang meninggal.

"Masyarakat tidak perlu ragu dan khawatir terhadap upaya penanganan yang dilakukan gugus tugas," kata Lakotani di Manokwari, Minggu (4/5/2020).

Lakotani menegaskan hal ini mengingat masih ada penolakan dari warga terhadap pemakaman jenazah pasien positif corona. Pemprov Papua Barat berharap ke depan tidak ada aksi penolakan warga terhadap upaya pemakaman korban pandemi Covid-19 di lingkungan masing-masing.

"Lagi pula pemakaman pasien Covid-19 dilakukan oleh tim yang sudah ditunjuk dengan menerapkan standar operasional prosedur (SOP). Virus juga tidak akan menular dari dalam kubur ke permukiman masyarakat," katanya.

Saat ini, baru Kota Sorong dan Kabpoaten Teluk Wondama yang mempersiapkan lahan khusus sebagai lokasi pemakaman korban Covid-19. Pemerintah kabupaten lain pun sudah melakukan langkah antisipasi.

Lakotani mengaku bersyukur saat ini dengan jumlah kasus positif sebanyak 43 orang, angka kematian di Papua Barat masih relatif kecil. Dia juga berharap semakin banyak pasien Covid-19 di Papua Barat yang sembuh.

"Kami juga terus mengimbau masyarakat meningkatkan imunitas tubuh dengan berolah raga dan istirahat yang cukup, di samping terus menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Dia menambahkan, pemerintah pusat hingga daerah telah bekerja maksimal dalam mencegah dan menangani Covid-19, termasuk penanganan dampak pandemi tersebut. Pemprov Papua Barat pun berharap masyarakat turut bersinergi dengan mendukung upaya yang sudah dilakukan pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar