Pemerintah Kabupaten Asmat alokasikan dana Rp28 miliar untuk penanganan COVID-19 - Harian Papua

Breaking

Sabtu, 02 Mei 2020

Pemerintah Kabupaten Asmat alokasikan dana Rp28 miliar untuk penanganan COVID-19

Pemerintah Kabupaten Asmat alokasikan dana Rp28 miliar untuk penanganan COVID-19

Pemerintah Kabupaten Asmat Provinsi Papua saat ini mengalokasikan dana sebesar Rp28 miliar untuk penanganan COVID-19. Bupati Asmat Elisa Kambu saat dihubungi Antara dari Jayapura Jumat mengakui dana tersebut dialokasikan untuk RSUD Asmat sebesar Rp21 miliar, Dinkes Rp2,5 miliar, Dinsos Rp3 miliar dan sisanya Rp94 juta untuk Dinas PU.

Besarnya dana yang dialokasikan untuk RSUD Asmat agar rumah sakit tersebut dapat segera dioperasionalkan khususnya dalam menghadapi pandemi virus corona. Memang RSUD Asmat belum selesai pengerjaannya namun dengan merebaknya pandemi COVID-19 maka tempat tersebut nantinya akan digunakan isolasi masyarakat yang positif.

Berbagai persiapan saat ini dikebut agar rumah sakit tersebut siap saat ada warga yang dinyatakan posisif, kata Kambu seraya mengakui hingga kini belum ada warga yang dinyatakan positif COVID-19. Masyarakat di Asmat banyak yang belum menyadari tentang bahaya virus corona sehingga masih melakukan aktivitas dari dan ke Timika. Dari laporan yang diterima masyarakat masih sering bepergian ke Timika yang saat ini jumlah warganya yang terjangkit COVID-19 tertinggi di Papua, ungkap Kambu.

Bupati Elisa Kambu mengaku daerahnya sudah menerapkan pembatasan sosial sehingga tidak ada lagi kapal dan pesawat yang mengangkut penumpang. Namun masyarakat yang memiliki perahu motor masih sering melakukan perjalanan ke Timika atau sebaliknya dan mereka menyandarkan perahu motornya langsung ke kampung-kampung sehingga menyulitkan untuk pemantauan, aku Bupati Kambu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar