Bergaya Etnik Papua, GOR STT GIDI di Sentani Adalah Kebanggaan Papua - Harian Papua

Breaking

Rabu, 17 Juni 2020

Bergaya Etnik Papua, GOR STT GIDI di Sentani Adalah Kebanggaan Papua

Bergaya Etnik Papua, GOR STT GIDI di Sentani Adalah Kebanggaan Papua

Pembangunan Gedung Olahraga (GOR) STT GIDI yang terletak di Sentani, Kabupaten Jayapura sudah memasuki progres 98 persen atau tinggal menyisakan tahap finishing.

Venue yang dibangun di lahan Yayasan Gereja GIDI akan mempertandingkan cabang olahraga Muaythai, Kempo dan Tinju pada perhelatan PON XX tahun 2021 mendatang. Venue ini memiliki kesan unik, karena arsitekturnya yang bergaya etnik Papua.

Nampak dari luar, venue ini menonjolkan ciri khas Papua dengan sisi bangunannya yang berbentuk alat musik tradisional Papua, Tifa. Begitupun dengan tiang pilar di lantai duanya yang juga berbentuk Tifa.

"Venue ini sengaja kita desain seperti ini biar ada khas Papua-nya. Ini adalah salah satu GOR yang memiliki arsitektur yang indah dan menonjolkan nuansa etnis," ujar Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alexander Kapisa, Selasa (16/06/20).

Proses pembangunan venue ini sedikit mendapatkan tantangan karena desain atapnya sempat mengalami perubahan, karena letaknya berada di area lalu lintas pesawat.

"Pembangunannya tidak ada masalah, tapi atap dome yang kita gunakan sempat kita turunkan, supaya tidak mengganggu lalu lintas pesawat. Perubahan ketinggian itu yang mengubah desain keseluruhan venue ini," jelas Kapisa.

GOR STT GIDI memiliki kapasitas hingga 3.000 penonton, lahan parkir dengan daya tampung 111 kendaraan roda dua dan 57 kendaraan roda empat.

Dijelaskan Site Engineer Manager PT Nindya Karya, Sophian Badollahi, di venue ini terdapat beberapa lantai, yang mana setiap lantainya akan memiliki fasilitas yang berbeda.

Di lantai dasar terdapat area pemanasan atlet, mushola, ruang pengelola dan server, 2 unit ruang atlet pria, 2 unit ruang atlet wanita, ruang P3K & Medical Check Up (MCU), ruang wasit, lavatory umum, ruang konferensi pers, pusat media, loket dan cafetaria.

Sedangkan, untuk lantai 1 terdapat fasilitas area pertandingan, ruang penyimpanan dan ruang lavatory untuk pria dan wanita. Sementara di lantai tribune akan terdapat fasilitas tribun penonton, ruang kontrol, ruang sekretariat dan ruang perlengkapan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar