Pemanfaatan Lahan Tidur untuk Ketahanan Pangan di Merauke - Harian Papua

Breaking

Kamis, 04 Juni 2020

Pemanfaatan Lahan Tidur untuk Ketahanan Pangan di Merauke

Pemanfaatan Lahan Tidur untuk Ketahanan Pangan di Merauke

Kepolisian Resor (Polres) Merauke bersama jajaran polsek memanfaatkan lahan tidur untuk menanam tanaman yang bertujuan mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Merauke, Papua.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Merauke AKBP Ary Purwanto menjelaskan dalam masa pandemi virus corona (COVID-19) ini, kiat Polri dituntut untuk bersinergi dengan TNI, pemerintah daerah dan masyarakat untuk mengolah lahan-lahan tidur guna ditanam tanaman yang bermanfaat untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan di Merauke.

"Kami bersinergi dengan para pemangku kepentingan serta warga untuk memanfaatkan dan mengolah lahan tidur dengan menanam tanaman yang berguna di masa pandemi," katanya ketika dihubungi dari Kota Jayapura.

Menurutnya, Kabupaten Merauke sudah beberapa kali melaksanakan panen raya padi yang sudah ditetapkan oleh Presiden Jokowi menjadi lumbung padi nasional.

"Untuk itu kita patut mendukung hal ini dengan memanfaatkan masa pandemi virus corona, secara bersama-sama memperkuat ketahanan pangan daerah," katanya.

Ia mengungkapkan berdasarkan data dari jajaran polsek yang memanfaatkan lahan tidur untuk digarap dan menanam diantaranya Polsek Sota dengan luas tanam 1.750 meter persegi,

Polsubsektor Semangga 40,1 hektare, Polsek Tanah Miring dengan luas tanam 50.000 meter persegi, Polsek Jagebob dengan luas tanam sebanyak 76,5 hektare dan Polsek Kurik sekitar 80 hektare.

"Adapun tanaman yang ditanam berupa padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar, keladi, kacang tanah, kacang hijau, kumbili dan sagu, sedangkan ternak Ikan sekitar 5.000 ekor dan sapi sekitar 9.523 ekor. Ini kami melibatkan masyarakat setempat di polsek jajaran," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar