Pengembangan Ekonomi Rakyat Paniai Mendapat Dukungan Dari Menhub - Harian Papua

Breaking

Jumat, 21 Agustus 2020

Pengembangan Ekonomi Rakyat Paniai Mendapat Dukungan Dari Menhub



Bupati Kabupaten Paniai Meki Nawipa menyatakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung peningkatan konektivitas darat dan udara di Kabupaten Paniai dan sekitarnya.

Dalam kesempatan audiensi virtual itu, Bupati Meki Nawipa, menjelaskan secara eksternal, peran Paniai sebagai penghubung bagi kabupaten-kabupaten di sekitar Paniai dan wilayah pegunungan tengah sisi barat dan sisi utara ke kawasan Teluk Cenderawasih dan ke kawasan pegunungan tengah sisi timur.

“Hal ini sebagai potensi wisata danau yang berada di ketinggian lebih dari 1.500 dpl. Paniai membutuhkan dermaga di danau Paniai, airboat, speedboat dan fery wisata. Demikian pula, Paniai membutuhkan sarana dan prasarana perhubungan darat, baik peningkatan terminal tipe C ke tipe B, dan penyediaan bus untuk akses internal Paniai dan lintas kabupaten sekitar”, jelas Bupati Meki Nawipa.

Demikian pula, Paniai membutuhkan peningkatan di aspek perhubungan udara. Dalam hal ini, Meki Nawipa mengusulkan ke Menteri Perhubungan, bahwa Paniai membutuhkan beberapa hal, yakni, pertama, penambahkan frekuensi penerbangan baik dari Nabire – Enarotali, Timika – Enarotali, dan Jayapura – Enarotali.

Kedua, Paniai membutuhkan perpanjangan landasan pacu atau runway bandar udara Enarotali dari 900 meter ke 1.600 meter, sehingga pesawat jenis ATR-72 dapat mendarat di Enarotali.

Dalam audiensi tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung konektivitas atas terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Paniai dalam mengembangkan sektor-sektor ekonomi strategis seperti pariwisata Danau Paniai, perkebunan kopi, pertanian hortikultura, dan ekonomi kreatif berbasis budaya seperti noken khas Paniai.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, memberikan apresiasi yang besar atas inisiasi Bupati Paniai yang mendorong pengembangan ekonomi rakyat, dan pembukaan isolasi wilayah melalui akses udara dan darat.

Prinsipnya, Kementerian Perhubungan mendukung perpanjangan landasan pacu atau runway bandar udara Enarotali dan pembangunan dermaga danau, serta penyediaan bus air di tahun 2021.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar