430 Petugas Disiapkan BPS Mimika Untuk Sensus Penduduk 2020 - Harian Papua

Breaking

Senin, 14 September 2020

430 Petugas Disiapkan BPS Mimika Untuk Sensus Penduduk 2020




Sebanyak 430 petugas mengikuti pelatihan yang disiapkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika untuk melaksanakan sensus penduduk 2020 metode wawancara.

Kegiatan yang digelar mulai Jumat (21/8/2020) itu dibagi di dua tempat yakni dua hotel yang ada di Timika dengan mekanisme per gelombang, dalam satu hari masing-masing hotel sebanyak 90 orang dan akan berlangsung dalam tiga gelombang untuk tiga hari.

Kepala BPS Kabupaten Mimika, Ir. Trisno L Tamanampo menjelaskan 430 petugas akan bekerja di 18 Distrik, 152 Kelurahan atau kampung, dan 100 satuan Lingkungan Setempat (SLS).

Petugas akan dibekali selama satu hari untuk mengenali konsep dan definisi penduduk dan metodologi Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Metodologi yang digunakan adalah metode Kombinasi yaitu menggunakan data Dukcapil sebagai Pre-list ke lapangan," kata Trisno.

Sensus dengan metode wawancara yang rencana awalnya menggunakan gadget untuk wilayah perkotaan dan wilayah yang mudah dijangkau serta untuk wilayah sulit dijangkau menggunakan paper. Sedangkan sensus dengan metode Quesioner menggunakan kertas scanner dan pensil B2.

Trisno mengatakan, tujuan Sensus Penduduk 2020 adalah menghasilkan data statistic dasar berupa jumlah penduduk, distribusi penduduk dan penyebarannya, karakteristik penduduk menurut kelompok umur, jenis kelamin, suku, agama, serta sebagai frame untuk melaksanakan Survei Sosial, Ekonomi dan lain-lain.

"Jadi Sensus Penduduk bukanlah bertujuan untuk menghasilkan data menurut Data Individu yang dipublikasikan tetapi data yang dihasilkan dalam bentuk agregat dalam bentuk angka-angka dalam tabel dan grafik," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar