Dana Otonomi Khusus Sangat Membantu Masyarakat Papua - Harian Papua

Breaking

Selasa, 15 September 2020

Dana Otonomi Khusus Sangat Membantu Masyarakat Papua




Pendeta Edison Korwa juga mendukung perpanjangan otonomi khusus. Menurutnya, dana otonomi khusus sangat membantu masyarakat Papua. Juga digunakan untuk membangun rumah ibadah di wilayah sana. Jadi, pemerintah tak hanya membangun infrastruktur melalui dana otsus, tapi juga mendukung kehidupan beragama dari masyarakat Papua.

Namun, lanjut Edison, pengelolaan dana otonomi khusus harus diperketat. Tujuannya agar tidak ada kesempatan untuk dikorupsi oleh para oknum. Juga agar uang itu benar-benar digunakan untuk kesejahteraan rakyat Papua. Jadi diharap ada transparansi dana otsus jilid 2, digunakan untuk proyek apa saja dan jangan sampai ada penyimpangan sekecil apapun.

Pemerintah daerah juga wajib amanah dalam menjalankan program otsus dan mengelola dananya dengan profesional. Pemerintah pusat juga siap mendampingi mereka dalam mengatur program-program otsus, agar bisa berjalan dengan lancar. Kolaborasi ini menghasilkan proyek yang hasilnya jauh lebih baik.

Program-program dalam otsus jilid 2 juga diharap tak hanya membangun infrastruktur, namun juga peningkatan kualitas SDM. Jika sudah ada beasiswa untuk putra asli Papua, maka program ini wajib dilanjutkan. Juga diharap ada program khusus untuk meningkatkan keterampilan mereka, agar bisa membuka usaha sendiri.

Sosialisasi otsus jilid 2 juga wajib dilakukan, agar masyarakat Papua paham bahwa program otonomi khusus yang sebelumnya tak hanya berlaku selama 20 tahun. Selain itu, dalam sosialisasi juga dijelaskan bahwa perpanjangan otsus dilakukan, agar pembangunan di wilayah Papua dilanjutkan dan tidak ada proyek infrastruktur yang mangkrak karena masalah pendanaan.

Masyarakat Papua mendukung otonomi khusus jilid 2 karena bisa membantu meningkatkan kesejahteraan mereka. suah ada berbagai fasilitas bangunan yang dibuat dengan dana otsus yang lalu. Di otsus yang selanjutnya, diharap lebih banyak program untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Papua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar