Dukungan Otonomi Khusus Jilid II di Segala Sektor - Harian Papua

Breaking

Senin, 07 September 2020

Dukungan Otonomi Khusus Jilid II di Segala Sektor




Otonomi Khusus (Otsus) Papua telah terbukti meningkatkan kesejahteraan di Papua, sehingga diharapkan adanya Otsus jilid II dapat mensejahterakan masyarakat secara umum dan mengejar ketertinggalan pembangunan baik di wilayah Papua maupun Papua Barat khususnya dalam program pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

Keberadaan otsus Papua bisa menjadi jalan tengah untuk menguatkan integrasi Papua sekaligus jembatan untuk meniti perdamaian dan membangun kesejahteraan di Tanah Papua. Dengan adanya otsus tersebut, tentu menunjukkan komitmen pemerintah RI untuk pembangunan Papua.

Melalui Otsus pula, orang Asli Papua juga menjadi syarat sebagai kepala daerah berdasarkan pasal 12 pada 21 Tahun 2001 tentang Otonomi khusus bagi Provinsi Papua, Gubernur dan Wakil Gubernur wajib orang Papua.

Dengan adanya dana otsus yang mencapai 94,24 triliun, tentu akan memberikan peluang bagi pemuda-pemuda Papua yang memiliki potensi dan peluarng untuk mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang sesuai bidang bakat yang mereka minati.

Direktur Public Policy Institut (PPI) Sujono HS mengatakan, pemuda Papua dan Papua Barat berpotensi mengembangkan perekonomian di wilayah timur Indonesia. Pernyataaan tersebut diamini oleh staf khusus Presiden, Billy Mambrasar.

Pengusaha muda Papua tersebut mengatakan bahwa alokasi pendidikan dana Otsus Papua dapat mengembangkan kompetensi kaum milenial. Sehingga mereka dapat mengekslplorasi kemampuan diri.

Otsus merupakan hal yang penting untuk pembangunan Papua dan Papua barat, dengan adanya otsus jilid 2, tentu diharapkan akan muncul akselerasi pembangunan di wilayah paling timur Indonesia tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar