Ini kesiapan Bawaslu mengawasi Pilkada Papua Barat 2020 - Harian Papua

Breaking

Sabtu, 12 September 2020

Ini kesiapan Bawaslu mengawasi Pilkada Papua Barat 2020




Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu menyatakan siap mengawasi pemilihan kepala daerah serentak pada sembilan daerah di Provinsi Papua Barat 2020. Lembaga pengawasan itu akan mengawal setiap tahapan Pilkada sembilan kabupaten di Provinsi Papua Barat 2020 agar berjalan aman dan damai.

Ketua Bawaslu Papua Barat, Ibnu Mas’ud Sorong telah menginstruksikan kepada seluruh anggota Bawaslu tingkat kabupaten dan kota di provinsi Papua Barat, terlebih khusus daerah yang menyelenggarakan Pilkada agar meningkatkan kualitas pengawasan tahapan pilkada di daerah masing-masing.

Pengawasan yang dilakukan oleh anggota Bawaslu mulai dari tahapan perekrutan Panitia Pemilihan Distrik (PPD), mengawasi tahapan Daftar Pemilih, pencalonan hingga proses pelantikan kepala daerah yang terpilih nantinya.

Guna memantapkan barisan pengawas, anggota Bawaslu kabupaten yang melaksanakan Pilkada telah melakukan perekrutan dan melantik anggota Panwas Kecamatan yang akan membantu pengawasan di tingkat distrik atau kecamatan.

Para anggota Panwas kecamatan yang direkrut tersebut juga akan melakukan perekrutan panwas kelurahan yang nantinya merekrut pula pengawas tempat pemungutan suara atau TPS pada hari pencoblosan berlangsung.

Mereka menjalankan tugasnya di wilayah kerja masing-masing dan melakukan pelaporan secara berjenjang hingga Bawaslu tingkat provinsi bahkan pusat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar