Otsus Bisa Majukan Papua - Harian Papua

Breaking

Selasa, 01 September 2020

Otsus Bisa Majukan Papua



Persatuan Gereja-Gereja di Papua (PGGP) meminta pemerintah daerah (pemda) dapat mengelola dana otonomi khusus (otsus) secara bijak. Sebab anggaran dari pusat tersebut memberi sumbangsih besar dalam memajukan daerah Bumi Cenderawasih.

Ketua III PGGP, Pendeta MPA Mauri mengatakan, pemerintah harus transparan dalam mengelola bantuan dana ini. Efeknya, kata dia, pada penilaian publik terhadap kinerja pemda.

Dana dari pusat ini, kata dia, harus dimanfaatkan dengan penuh rasa tanggung jawab, dan berfokus pada aspek pendidikan, kesehatan, dan pembangunan infrastruktur daerah.

Tokoh agama di Papua, Pendeta Frans Vokames STh, sepakat perlunya pengawasan alokasi dan penggunaan dana pembangunan di daerah. Dengan begitu, anggaran yang begitu besar dari pemerintah pusat, benar-benar dirasakan oleh masyarakat setempat.

Kepala daerah nantinya akan bertanggung jawa kepada Tuhan atas penggunaan dana otsus ini. Selain adanya dukungan dari warga mengawal anggaran, para pejabat pun harus amanah dengan kepercayaan yang diberikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar