Gracia Billy Mambrasar, Ajak Anak Muda Bangun Papua - Harian Papua

Breaking

Jumat, 22 November 2019

Gracia Billy Mambrasar, Ajak Anak Muda Bangun Papua

Gracia Billy Mambrasar ditunjuk menjadi staf khusus (stafsus) Presiden Joko Widodo (Jokowi). Billy dikenal sebagai pendiri yayasan Kitong Bisa, yang bergerak di bidang pendidikan untuk anak Papua kurang mampu.
.
Pemuda 30 tahun asal Serui, Kepulauan Yapen, Papua, ini menempuh pendidikan hingga Oxford Inggris. Dia yang kini menjadi wirausahawan sosial (sosiopreuner) juga pernah ikut kontes bernyanyi, Indonesian Idol 2006.


.
Dilansir Antara, Gracia Billy Yosaphat Y Mambrasar berasal dari keluarga kurang mampu. Ayahnya adalah guru honorer bergaji tak tentu. Ibunya berjualan kue di pasar. Namun pendidikan Billy terbantu karena sejak SMA dia mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Papua.
.
Lulus kuliah, dia sempat bekerja dengan gaji tinggi di perusahaan minyak asal Inggris. Pada 2009, dia mendirikan yayasan Kitong Bisa untuk membantu pendidikan anak-anak Papua yang kurang mampu. Kini Kitong Bisa punya 9 pusat belajar, 158 relawan, dan 1.100 anak. Sebanyak 20 anak didiknya menempuh pendidikan tinggi di kampus ternama di dunia.
.
Billy juga menyabet gelar Master of Business Administration (MBA) dari The Australian National University (2013-2014). Dia juga menyabet gelar Master of Science (MSc) dengan tesis keberlanjutan sosial dalam proyek LNG.
.
Billy juga merupakan Direktur PT Papua Muda Inspiratif. Dia juga Duta Pembangunan Berkelanjutan Indonesia. Saat Presiden Jokowi meresmikan Papuan Youth Creative Hub, di Jayapura, 11 September lalu, Billy mempresentasikan rencana strategis dari Pusat Pengembangan di Papua tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar