Kondisi Papua dan Papua Barat Kondusif Jelang Natal - Harian Papua

Breaking

Minggu, 22 Desember 2019

Kondisi Papua dan Papua Barat Kondusif Jelang Natal

Kondisi Papua dan Papua Barat Kondusif Jelang Natal

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pihak yang hendak beribadah sekaligus wujud pelayanan negara kepada masyrakat, TNI dan Polri akan terus bersinergi memelihara situasi keamanan di Papua dan Papua Barat jelang Hari Raya Natal.

Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, situasi kamtibmas wilayah hukum Polres Jayapura Kota cukup kondusif Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gutav R Urbias. Ia mengatakan, jelang Natal situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) secara umum kondusif, akan tetapi pihaknya akan tetap memantau perkembangan di kota Jayapura secara umum.

Selain meningkatkan patroli demi kenyamanan dan menjaga situasi kamtibmas Kota Jayapura agar tetap kondusif, nanti akan dilaksanakan Operasi Lilin demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat mengingat aktifitas masyarakat akan meningkat jelang Natal dan Tahun Baru. Pendirian Pos lilin tersebut nantinya akan diisi oleh personil gabungan dari Polri maupun TNI serta dibantu oleh organisasi kemasyarakatan.

Selain menjaga keamanan. Pihaknya juga akan melakukan patroli rutin dan razia guna menekan adanya peredaran miras yang tidak dilengkapi surat izin, sedangkan untuk penjual Miras yang legal akan diawasi sesuai dengan surat edaran dari Walikota Jayapura.

Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan menghimbau kepada seluruh masyarakat Manokwari untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Sehingga suasana kondusif dan dapat dirasakan semua orang, termasuk saat perayaan Natal. Pihaknya juga meminta kepada para warga untuk tidak minum minuman kerasa (miras), apalagi yang disimpan untuk akhir tahun. Sebab miras ini sering memicu hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurutnya, dengan adanya peraturan daerah (perda), tetapi masih banyak miras yang dijual, dan kita semua tahu bahwa miras merupakan pemicu utama dalam berbagai permasalahan yang terjadi di manokwari. Kondusifitas di Papua juga tidak hanya menjadi peran aparat keamanan saja, tetapi ormas, LSM dan seluruh lapisan masyarakat yang ada di Papua dan Papua Barat juga harus terlibat dalam upaya menjaga suasana aman dan damai.

Joko Prayitno selaku anggota FKUB Provinsi Papua mengapresiasi kerja TNI Polri dalam pengamanan kamtibmas di tanah Papua. FKUB setempat juga meminta kerja sama seluruh tokoh agama di Papua untuk menyebarkan pesan damai kepada para jemaatnya. Karena sejatinya, kehidupan toleransi beragama di Papua sudah membaik, termasuk dalam berbagi kehidupan bermasyarakat, dalam menciptakan suasana yang aman, nyaman dan bahagia, jelang perayaan natal dan tahun baru.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar