TNI dan Polri Mediasi Akhiri Bentrok Antar-Kampung di Papua - Harian Papua

Breaking

Selasa, 21 April 2020

TNI dan Polri Mediasi Akhiri Bentrok Antar-Kampung di Papua

TNI dan Polri Mediasi Akhiri Bentrok Antar-Kampung di Papua

Dalam rangka mengatasi bentrokan antara warga Kampung Kehiran dan Kampung Toware Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua, pada Senin 20 April 2020 aparat TNI dan Polri mengambil langkah cepat dengan mengamankan wilayah pertikaian. TNI dan Polri pun memediasi pihak-pihak yang bertikai.

Bentrok antar-warga ini menyebabkan beberapa rumah terbakar. Mereka yang rumahnya terbakar saat ini memilih untuk mengungsi ke kerabat masing-masing.

“Iya, ada beberapa rumah yang terbakar dan mereka yang rumahnya terbakar saat ini mengungsi,” Kata Komandan Korem 172/PWY, Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar, saat ditemui di Jayapura,

Guna mencegah bentrokan tidak meluas, Kolonel Binsar mengaku telah menyekat semua jalur masuk dan keluar dari lokasi kejadian. “Kita sudah mengerahkan 1 SSK dan 1 SSK lagi dari Polda Papua. Ada 4 titik yang kita amankan saat ini dan beberapa hari ke depan pasukan akan di stand by-kan di situ sampai situasi benar-benar kondusif,” ujarnya.

Kolonel Binsar juga mengungkapkan bahwa TNI dan Polri telah berusaha memediasi kedua kubu yang bertikai, termasuk meminta tokoh-tokoh adat kedua kampung yang bertikai untuk meredakan amarah warga masing-masing.

“Kita tadi sudah minta agar Ondoafinya segera bicara ke masyarakatnya masing-masing, baik yang di Kehiran maupun yang di Toware,  Kalau masih ada yang bergerak lagi kita akan tindak tegas, saat ini kita terus berupaya untuk proses perdamaian di kedua belah pihak", tegasnya.

Selanjutnya Binsar menyampaikan,  "Di sini ada Dandim, Kapolres, Danramil, Kapolsek dan aparat kewilayahan untuk mendorong mediasi hingga adanya perdamaian.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar