Otonomi Khusus Memberi Bukti - Harian Papua

Breaking

Senin, 05 Oktober 2020

Otonomi Khusus Memberi Bukti




Otonomi khusus disambut baik oleh masyarakat Papua. Mulai dari rakyat sipil hingga kepala daerah mendukung kelanjutan otsus, karena bisa membawa kemajuan untuk bumi cendrawasih. Papua tak lagi terpinggirkan, karena selalu diperhatikan oleh pemerintah. Terutama sejak kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Dalam kurun 20 tahun sudah terbukti ada kemajuan di wilayah Papua. Banyak fasilitas yang dibangun, pemberian beasiswa, serta ditegakkan peraturan yang memajukan wilayah di sana.

Dalam otonomi khusus diberikan hak khusus kepada warga Papua untuk mengatur daerahnya dan seorang gubernur atau wali kota harus berasal dari bumi cendrawasih.

Kebijakan dalam otsus selama ini sudah cukup baik, namun bisa dilakukan evaluasi. Para kepala daerah di Saireri dan Tanah Tabi, Papua, mendukung otsus dengan persyaratan ini. menurut Ketua Forum Kepala daerah Tabi dan Saireri Mathius Awoitauw, pelaksanaan otonomi khusus harus dievauasi dan dilanjutkan. Tentu agar ada perkembangan dalam penerpan otsus.

Evaluasi diperlukan agar dana otsus benar-benar diserap oleh masyarakat. Jangan sampai ada uang yang masuk tapi tidak ada perubahan terhadap kesejahteraan rakyat Papua. Atau bahkan uang itu dikorupsi oleh oknum, sehingga program otsus jadi gagal dilaksanakan di daerahnya.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang utama adalah melalui pendidikan. Jadi jika ada gedung sekolah yang dibangun, harus ada pula guru yang kompeten.

Beasiswa yang selama ini diberi kepada anak Papua sudah cukup baik dan mereka bisa kuliah hingga ke Jawa. Namun putra asli Papua juga harus mau ketika dipanggil kembali ke bumi cendrawasih untuk memajukan daerahnya.

Otsus disambut baik oleh rakyat Papua dan para pemimpin daerahnya. Otonomi khusus dinilai bisa memajukan Papua melalui pembangunan di segala bidang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar