Jemaat GKI Pniel Kotaraja Jayapura laksanakan ibadah Malam Kudus Natal - Harian Papua

Breaking

Senin, 26 Desember 2022

 Jemaat GKI Pniel Kotaraja Jayapura laksanakan ibadah Malam Kudus Natal



Jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pniel Kotaraja di Jayapura, Papua melaksanakan ibadah Malam Kudus Natal pada pukul 16.00 WIT dan 18.00 WIT, Sabtu.

Pantauan di Kota Jayapura, umat Islam di wilayah itu turut membantu dalam membagikan tata ibadah sebelum para jemaat memasuki ke gedung gereja, bahkan para jemaat juga diimbau tetap memakai masker oleh mejelis yang bertugas.

Pendeta Yohana Halatu dalam khotbahnya mengatakan tema Natal 2022 yakni "Maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain (Matius 2:12b)" merupakan tema yang sangat unik.

Menurut Halatu, tema Natal secara nasional itu tidak berbicara dan bersentuhan langsung tentang diri masing-masing orang atau tidak berangkat dari masalah setiap orang tetapi tentang permasalahan yang dihadapi para majus dengan Raja Herodes ketika Yesus terlahir ke dunia di Betlehem Tanah Yudea.

Dia menjelaskan tema tersebut juga terkait adanya kontroversi dan silang persepsi antar Raja Herodes dan para majus

"Di satu pihak para majus datang mencari dan menyembah Yesus sementara Raja Herodes menanggapi kelahiran seorang raja yang lahir ke dunia dengan ketakutan dan rasa persaingan yang tinggi," katanya.

Dia menambahkan dari pembacaan Kitab Mikah pasal 5 ayat 1-4 dan tema Natal 2022 bukan terkait dengan orang per orang tetapi dengan tempat, lingkungan, wilayah kekuasaan dan dengan jalan hidup sebuah komunitas yang komunal.

"Dengan demikian Natal berarti Allah datang menjumpai saya dan jemaat dan semua manusia di tempat tinggal nya," ujarnya.

Selanjutnya kata dia, Natal berarti Allah melawat manusia di tempat kerjanya atau tempat aktifitas dan kehidupan dalam keseharian.

"Natal juga terkait dengan damai dalam lingkungan keluarga, jemaat, gereja dan masyarakat kemudian Natal juga terkait dengan bagaimana memimpin dan dipimpin dalam kebenaran dan hidup yang kekal," katanya lagi.

SUMBER : https://papua.antaranews.com/berita/697200/jemaat-gki-pniel-kotaraja-jayapura-laksanakan-ibadah-malam-kudus-natal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar