Gerilyawan di Papua Klaim Duduki Maybrat, Kapolda Papua Barat: Itu Hoax - Harian Papua

Breaking

Senin, 26 Desember 2022

 Gerilyawan di Papua Klaim Duduki Maybrat, Kapolda Papua Barat: Itu Hoax



Hingga saat ini kelompok Kriminal Bersenjata di Papua atau KKB Papua tak henti-hentinya menebar aroma permusuhan dengan warga sipil maupun aparat TNI Polri. Saat ini, melalui sebuah video yang berdurasi 3:24 menit, KKB Papua menebar pernyataan yang mengejutkan publik.

Disebutkan bahwa saat ini gerilyawan KKB Papua telah berhasil menduduki wilayah Maybrat, Papua Barat. Ini merupakan capaian pertama KKB papua di akhir tahun 2022. Pernyataan KKB Papua yang kini viral di media sosial itu sontak mengundang amarah Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga.

Ia merespon klaim TPNPB ( Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat ) yang menyebutkan bahwa telah berhasil menduduki Distrik Kumerkek, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya.

Kampanye KKB Papua itu disebutnya bohong belaka. Sebab hingga saat ini aparat TNI Polri telah bekerja maksimal untuk menjaga keamanan wilayah tersebut.

Sebelumnya diketahui bahwa sejumlah gerilyawan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat atau TPNPB Kodap IV Sorong Raya mengklaim telah menduduki Distrik Kumerkek, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya. Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media, kejadian itu mencuat melalui video berdurasi 3.24 menit, Minggu 25 Desember 2022.

“Bohong besar itu,” ungkap Daniel, melalui pesan Whatsapp kepada TribunPapuaBarat, Senin 26 Desember 2022. Begini Klaim TPNPBDalam video itu Komandan Operasi TPNPB Kodap IV Sorong Raya Arnoldus Yancen Kocu mengaku telah menguasai Kumerkek.

“Kami sudah masuk di Kumerkek Ibukota Kabupaten Maybrat, kami siap perang,” ujar Arnoldus, Minggu malam. Tak hanya itu, Arnoldus menyatakan diri siap menolak agenda kemanusiaan yang dilakukan oleh Komnas HAM di Maybrat. “Ketika mereka turun maka kami siap tembak mati,” tegasnya.

SUMBER : https://waktunya.online/2022/12/26/kkb-papua-gerilyawan-di-papua-klaim-duduki-maybrat-kapolda-papua-barat-itu-hoax/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar