Pemkab Biak resmikan 40 kios baru pasar Faidoma Darfuar - Harian Papua

Breaking

Kamis, 22 Desember 2022

 Pemkab Biak resmikan 40 kios baru pasar Faidoma Darfuar



Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua meresmikan pembangunan sebanyak 40 petak kios baru di pasar Faidoma Darfuar, Distrik Samofa untuk mendorong peningkatan ekonomi di daerah setempat.

"Saya minta 40 kios yang sudah dibangun pemerintah melalui dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) supaya dapat diberikan kepada pedagang secara merata sesuai kepemilikan," ujar Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap seusai meresmikan kios pasar Faidoma Darfuar di Biak, Selasa.

Herry Naap mengakui, tujuan pemerintah membangun puluhan unit kios di pasar Faidoma Darfuar untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat di Kabupaten Biak Numfor.

Ia optimistis dengan dimanfaatkan kios pasar Faidoma Darfuar, maka ke depannya bisa memberikan kontribusi terhadap pendapatan pedagang dan retribusi bagi pemerintah daerah.

"Saya minta pembagian kios pasar mengutamakan pemilik yang pernah menempati tempat dagang sebelumnya supaya tidak menimbulkan masalah dalam peruntukan untuk pedagang," ucapnya.

Herry Naap mengajak, para pedagang pasar Faidoma Darfuar untuk tetap memperhatikan kebersihan lingkungan serta dapat memperhatikan perawatan lapak kios sehingga bisa lebih awet bangunan tempat berjualan.

Secara terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Biak Yubelius Usior menjelaskan, pembiayaan untuk pembangunan 40 petak kios pasar Faidoma Darfuar bersumber dari dana tugas perbantuan Kementerian Perdagangan RI tahun anggaran 2022.

Usior menyatakan, alokasi anggaran untuk pekerjaan proyek fisik 40 petak kios pasar Faidoma Darfuar sebesar Rp 2,7 miliar dari total yang dialokasikan Rp3 miliar.

"Ukuran dari 40 petak kios pasar yang sudah dibangun berukuran 3x3 meter, " sebutnya.

Ikut menyaksikan peresmian 40 petak kios yakni Wakil Bupati Biak Numfor Calvin Mansnembra dan para kepala dinas, badan dan kantor, kepala kampung dan kepala Distrik Samofa Adam Umar.

SUMBER : https://papua.antaranews.com/berita/697026/pemkab-biak-resmikan-40-kios-baru-pasar-faidoma-darfuar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar