Keberadaan OPM Adalah Sebuah Ancaman Bagi NKRI - Harian Papua

Breaking

Sabtu, 25 Januari 2020

Keberadaan OPM Adalah Sebuah Ancaman Bagi NKRI

Keberadaan OPM Adalah Sebuah Ancaman Bagi NKRI

Organisasi Papua Merdeka (OPM) adalah pemberontak yang akan melakukan segala cara untuk mencapai tujuan, yaitu untuk memisahkan diri dari NKRI. Pemberontakan yang dilakukan OPM berulang kali menimbulkan banyak korban jiwa dari penduduk sipil maupun militer.

Tak hanya melakukan pemberontakan OPM juga berupaya terus menggalang dukungan dari luar negeri. Termasuk, mempropaganda masyarakat internasional agar mendukung gerakan Free West Papua dengan menyuarakan isu pelanggaran HAM di Bumi Cenderawasih.

Keberadaan OPM adalah sebuah ancaman bagi NKRI. Pasalnya, organisasi tersebut sudah merongrong kedaulatan negara dengan berusaha memisahkan diri dari NKRI. Apa yang dilakukan OPM itu adalah sebuah bentuk makar terhadap pemerintahan yang sah.

Mereka juga bisa disebut sebagai teroris karena mengganggu keamanan masyarakat. Pemerintah harus terus berupaya untuk menyelesaikan permasalahan OPM tersebut. NKRI harga mati. Artinya tidak boleh ada satu jengkal tanah pun yang lepas dari Indonesia. Artinya upaya untuk memerdekaan sebagian wilayah Indonesia adalah upaya makar terhadap pemerintahan yang sah.

Konsep negara kesatuan yang menempatkan Papua menjadi bagian dari Indonesia bertentangan dengan doktrin politik mereka (OPM), Untuk mencapai tujuannya, OPM kerap melakukan tindak kekerasan. Hal itu, menurutnya, karena OPM meyakini tindakan kekerasan adalah bagian dari strategi yang dapat diandalkan guna kemerdekaan Papua.

Strategi membawa isu Papua ke panggung internasional adalah bagian dari upaya menarik perhatian dunia pada Papua. Dalam konteks ini kita harus mendudukan masalah Papua di dunia internasional dalam kaca mata relasi antar kepentingan, baik secara politik maupun ekonomi masing-masing negara.

Keberadaan OPM merupakan ancaman bagi kedaualatan NKRI. Sehingga, menurutnya, operasi militer menjadi salah satu jalan menanggulangi masalah ini. Walaupun, tetap harus didudukkan masalah di Papua bukan hanya soal OPM. Tapi ada isu lain seperti isu kesejahteraan yang membutuhkan pendekatan yang berbeda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar