Jokowi Terbitkan Inpres Percepatan Penyelenggaraan PON Papua - Harian Papua

Breaking

Jumat, 14 Februari 2020

Jokowi Terbitkan Inpres Percepatan Penyelenggaraan PON Papua

Tiga venue hasil inpres percepatan segera dibangun

Terbitnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Percepatan Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua, pembangunan ketiga venue akan dikebut.
.
Tiga venue yang akan dikebut pembangunannya itu adalah venue panahan, dayung, dan sepatu roda. Anggarannya mencapai Rp135 Miliar. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, mengatakan pembangunan tiga venue tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat.
.
“Untuk pembangunan tiga venue sesuai dengan amanah Inpres Percepatan PON ada beberapa kendala. Namun sudah selesai dibahas, misalnya ada perubahan tempat, kemudian ada material yang harus didatangkan dari Papua, kami memaklumi hal tersebut. Tetapi semuanya bisa selesai sebagaimana yang direncanakan, bahkan untuk tes event,” kata Zainudin, Kamis 12 Februari 2020.
 .
Untuk tes event sendiri, kata Zainudin, dikembalikan kepada masing-masing cabang olah raga (cabor). “Kapan mereka (cabor) mau lakukan tes event. Yang terpenting adalah kesiapan venue sudah siap untuk pelaksanaan (PON XX) tersebut. Secara umum kita tidak perlu khawatir soal Papua menjadi tuan rumah PON XX,” ujarnya.
 .
Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Papua Alex Kapisa, menambahkan pembangunan tiga venue harus selesai Agustus 2020 sesuai perjanjian kontrak.
.
“(Kenapa) Karena kami butuh satu bulan untuk tes event untuk masing-masing venue. Kalau APBN melalui Inpres (Nomor 1 Tahun 2020 ) ini dalam waktu dekat sudah mobilisasi peralatan dan pekerja untuk membangun,” katanya.
 .
Venue panahan akan dibangun di Kampung Harapan (belakang Stadion Papua Bangkit), venue dayung di Teluk Youtefa, dan venue sepatu roda di Bumi Perkemahan (Buper) Wanea.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar