Suksesnya PON XX Papua Menjadi Kebanggaan Tersendiri - Harian Papua

Breaking

Selasa, 11 Februari 2020

Suksesnya PON XX Papua Menjadi Kebanggaan Tersendiri

Suksesnya PON XX Papua Menjadi Kebanggaan Tersendiri

Papua siap mengangkat citra Indonesia di mata dunia melalui kesuksesan penyelenggaraan PON XX 2020. Wilayah paling timur yang populer dengan keberagaman suku serta sumber daya alam yang melimpah ini menyatakan siap mensukseskan pelaksanaan PON XX 2020 Oktober mendatang. Selain bertujuan menaikkan citra Nusantara, Papua juga ingin membuat bangga pemerintah Indonesia karena Papua adalah Indonesia.

Kendati baru saja didera konflik yang seolah tak berkesudahan, nyatanya Papua mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Tak hanya di sektor pembangunan fisik, namun dari segi pariwisata juga, Papua sudah jauh lebih meningkat. Pembangunan sejumlah portal vacation kini juga dianggap mampu menaikkan pendapatan penduduknya. Jalur-jalur distribusi bakal memberikan dukungan yang mumpuni untuk penyelenggaran PON XX 2020.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali, sebelumnya pernah mengatakan, dirinya mengaku optimistis terkait pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua. Hal tersebut diucapkan Amali setelah melakukan rapat gabungan bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, beberapa hari lalu

''Secara keseluruhan kami optimistis pelaksanaan PON XX 2020 di Papua ini akan dapat dihelat dengan baik. Pemerintah Pusat, Kementerian dan Lembaga akan bersama-sama dengan Pemerintah Daerah guna melakukan percepatan terhadap hal-hal yang masih harus dibenahi'' katanya.

Keyakinan atas kesiapan Papua untuk mensukseskan pelaksanaan PON XX juga disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy, stadion dan venue yang telah dirancang dengan standart internasional ini nanti tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk PON, namun juga bisa digunakan untuk event pasca PON agar tempat ini bisa menjadi pusat kegiatan cabang cabang olahraga tertentu baik skala nasional maupun internasional.

Diharapkan, kawasan paling timur Indonesia ini nantinya bisa menjadi sejajar dengan wilayah Indonesia Barat dan Tengah. Sehingga Mindset Jawa sentrisme pun akan hilang dari aspek sosial, politik dan juga ekonomi. Hal ini penting dilakukan guna mewujudkan pemerataan. Namun yang paling utama ialah multiplier effect tetap harus dirasakan masyarakat Papua dengan hadirnya PON dan pembangunan infrastruktur tersebut.

Suksesnya PON tidak hanya dilihat dari suksesnya penyelenggaraan namun juga sukses prestasi serta sukses dimensi lainnya yang selanjutnya dapat menjadi sebuah kebanggaan bangsa. Dengan PON XX Papua, karakter anak muda Papua dipertaruhkan, karena pemuda Papua menjadi garda terdepan dalam menciptakan citra Nusantara di mata Internasional. Masa depan Papua ada di tangan generasi mudanya. Maju bersama Indonesia atau hancur bersama pemberontak separatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar