Otsus Solusi Kesejahteraan Masyarakat Sebagai Bentuk Hadirnya Negara - Harian Papua

Breaking

Senin, 10 Agustus 2020

Otsus Solusi Kesejahteraan Masyarakat Sebagai Bentuk Hadirnya Negara



Permasalahan Otonomi Khusus mendapatkan perhatian dari Bani Tabuni (Kepala Suku Pegunungan Tengah Papua).

Pihaknya menilai Otsus merupakan salah satu solusi untuk kesejahteraan masyarakat di Papua, Hal ini dikarenakan Otsus merupakan bentuk hadirnya negara di tengah masyarakat Papua.

“Otsus itu salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Pusat untuk Papua demi sejahteraan masyarakat,” ujar Bani Tabuni.

Menurutnya, Otsus Papua harus perlu diperpanjang, namun perlu juga dilakukan revisi demi kepentingan banyak orang sebab penolakan Otsus bukan solusi akhir dari berbagai permasalahan yang selama ini kerap muncul di tengah masyarakat di Tanah Papua.

“Otsus itu solusi pembangunan berbagai sektor kesejahteraan masyarakat. Kalau mau mengharapkan APBN maupun APBD tidak seberapa, malahan banyak daerah tidak tersentuh apalagi di wilayah pegunungan. Oleh karena itu Otsus merupakan solusi tepat untuk mendongkrak kemajuan Papua,” tegasnya.

Masih adanya sejumlah pihak yang menyatakan menolak otsus Papua, dianggapnya adalah aspirasi dari segelintir pihak yang sudah ditunggangi oleh kepentingan politik tertentu, dan tidak mewakili seluruh rakyat Indonesia yang ada di Tanah Papua.

“Mereka itu tidak paham sebenarnya Otsus itu sangat penting. Mungkin diduga ada yang memanfaatkan masyakat tersebut untuk menolak Otsus,” Ujarnya.

Ia pun berharap untuk pemerintah lebih bijak dalam menanggapi dinamika saat ini terkait otsus. Bahkan Banu Tabuni berharap agar Otsus Jilid II nanti dapat di revisi guna lebih tepat lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar