Pemkab Jayawijaya Terapkan Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat - Harian Papua

Breaking

Kamis, 06 Agustus 2020

Pemkab Jayawijaya Terapkan Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat



Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua mendukung kebijakan pemerintah pusat terkait kelanjutan Inpres Nomor 9 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua di Distrik Hubikosi mengatakan bahwa, Inpres No.9 Tahun 2017 berhasil diterapkan di masyarakat Jayawijaya.

"Kita pemerintah daerah, untuk pembangunan berbasis pendekatan dengan masyarakat itu sangat penting. Kalau kita bekerja tanpa pendekatan kepada masyarakat itu bukan pemerintahan," katanya.

Jhon mengatakan pembangunan berbasis pendekatan kesejahteraan selama ini diterapkan untuk masyarakat 40 distrik di wilayahnya.

"Pendekatan seperti itu sudah kita lakukan. Misalnya kita motivasi masyarakat berkebun, lalu mereka undang kita untuk panen hasil, kita beli hasil kebun itu lalu berikan kepada mereka untuk menopang mereka membuka lahan baru lagi," kataya.

Mantan Wakil Bupati Jayawijaya dua periode ini memastikan program pembangunan di Jayawijaya semua secara langsung dari masyarakat.

"Selama ini kita turun langsung ke kampung-kampung, menerima aspirasi masyarakat, kita lihat kebutuhan dan selanjutnya diprogramkan sehingga langsung menyentuh mereka secara baik," katanya.

Sebelumnya pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) sedang menyusun draft lanjutan dari Inpres Nomor 9 tahun 2017 tentang percepatan pembangunaan Papua dan Papua Barat.

Dua plot pembangunan itu terbagi dari sisi pembangunan kesejahteraan hingga ekonomi yang dibawa komando Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Plot kedua mengenai pertahanan dan keamanan nasional atau bagian (desk) pembangunan umum yang berada di bawah koordinasi Kemenko Polhukam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar